Desa ini Mewakili Kecamatan Merapi Barat Dalam Lomba Desa

Desa ini Mewakili Kecamatan Merapi Barat Dalam Lomba Desa

Sambutan Kadis DPMDes Kabupaten Lahat Darul Efendi SE MSi di acara penilaian Lomba Desa di Desa Lebak Budi.--

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Desa Lebak Budi merupakan desa terbaik saat ini. Karena saat ini Desa Lebak Budi dipercaya dan mewakili Kecamatan Merapi Barat dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lahat, Selasa 9 Mei 2023.

Yang nantinya jika menang akan mewakili Kabupaten Lahat di tingkat Propinsi Sumsel.

Kadis DPMDes Kabupaten Lahat Darul Efendi SE MSi mengatakan, kami datang ke Desa Lebak Budi didampingi tim evaluasi dari beberapa tim ada dari Dinas Pendidikan yang akan bertanya seputar pendidikan, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP.

“Namun jika untuk tingkat SMA SMA itu sudah masuk ranahnya propinsi," kata Darul.

BACA JUGA:Bertemu Guru, ini Harapan Gubernur Sumsel

Selain itu, ungkap Darul, ada juga tim dari Dinas Kesehatan yang nantinya akan mengecek dan bertanya seputar kesehatan terkait kesehatan di desa, seperti apakah desa sudah bebas dari Buang Air Besar Sembarangan, dibuktikan dengan sarana seperti jamban apakah sudah lengkap, dan ini akan dipertanyakan oleh tim.

Ada juga dari tim  PKK yang akan bertanya yang berkaitan dengan Pokja, baik Pokja Satu, Pokja Dua dan yang lainnya.

Menurut Kepala DPMDes Darul Efendi SE MSi, kegiatan ini sebenarnya bukan identik dengan lomba desa, namun lebih ketingkat evaluasi desa. Sesuai undang undang, setiap daerah wajib melaksanakan evaluasi desa yang ada diwilayahnya masing setiap tahun.

Evaluasi ini merupakan perwakilan dari tingkat Kecamatan Merapi Barat bukan lagi di desa.

BACA JUGA:Prana : Pak Gub, Sering sering Kegiatan Provinsi di Linggau

"Maka, jika baik, ya baik juga kecamatan tersebut, namun jika jelek, ya demikian juga jelek juga kecamatan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut Darul menjelaskan, dalam lomba desa ini yang akan dievaluasi adalah tentang kewilayahannya bagaimana.

Kemudian, pemberdayaan masyarakatnya, juga luas wilayahnya apa ada masalah apa tidak, dan lain sebagainya, akan dirinci oleh tim sesuai tupoksinya masing masing.

Sementara itu Camat Merapi Barat Drs Erlambang MM mengharapkan kegiatan lomba desa ini dapat berjalan lancar dan dapatkan hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: desa