Pemda Lahat

Santri Pondok Pesantren Riau Kunjungi Unsri

Santri Pondok Pesantren Riau Kunjungi Unsri

Pengasuh Pondok Pesantren Modern Rodhatusalam Mahato, Tambusai Utara, Rokhan Ulu, Riau, Faqihan Nugraha mengajak 50 orang santrinya berkunjung ke Universitas Sriwijaya (Unsri). --

PALEMBANG, LAHATPOS.CO - Pengasuh Pondok Pesantren Modern Rodhatusalam Mahato, Tambusai Utara, Rokhan Ulu, Riau, Faqihan Nugraha mengajak 50 orang santrinya berkunjung ke Universitas Sriwijaya (Unsri). 

Rombongan diterima Kordinator Bidang Akademik, Ir. Edi Zulkarnain didampingi Kordinator Bidang Umum, Thoyib, S.H, Subkordinator Bidang Kesejahteraan Mahasiswa, H. Zazili, S.T, MM, dan Subkordinator Bidang  Tata Usaha, Ayatullah Komaini, S.T., M. Kom, dan beberapa staf lainnya di Lantai 2 Kantor Pusat Administrasi Unsri kampus Indralaya, Jumat (5/5/2023). 

Faqihan Nugraha dalam sambutan pengantarnya mengatakan bahwa ia mengajak para santrinya untuk membuka wawasan di luar pesantren. 

“Tujuan kami membuka wawasan santri-santri kami. Sebenarnya pesantren kami ini Pak di kampung jauh, kalau penampilan ganteng-ganteng pakai jas, tetapi sebenarnya mereka tinggal di kampung. Jadi kami pesankan, kamu boleh tinggal di kampung, tetapi pemikiran tidak boleh kampungan. Jadi maksud dan tujuan kami untuk membuka wawasan agar bisa menjadi mahasiswa kemudian menjadi pengusaha, dokter dan lain-lain,” ujarnya. 

Dalam membuka wawasan santri-santri kami melihat dari panca jiwa pesantren, yaitu keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiah, dan kebebasan. 

“Kebebasan dalam artian kebebasan berfikir, kebebasan dalam mencari pilihan, tetapi tidak melenceng dari nilai-nilai islami,”paparnya.

Berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, Kordinator Bidang Akademik menjelaskan mengenai tiga jalur masuk untuk menjadi calon mahasiswa Unsri, antara lain jalur masuk melalui Seleksi Masuk Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur masuk melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur masuk melalui Ujian Saringan Mandiri Bersama (USMB). 

“Di Unsri hanya ada tiga jalur masuk. Kalau ada yang bilang bisa jalur ini dan itu jangan percaya,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan bagi calon mahasiswa hafiz Al-Quran Subkordinator Bidang Kesejahteraan Mahasiswa, H. Zazili mengatakan bahwa untuk jalur masuk tidak ada yang lain selain tiga itu. Setelah masuk menjadi mahasiswa bagi yang memiliki kemampuan di bidang tertentu akan disalurkan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: santri