Besok Sholat Gerhana Matahari, ini yang Dilakukan Masjid Raya Muhammadiyah Lahat

Besok Sholat Gerhana Matahari, ini yang Dilakukan Masjid Raya Muhammadiyah Lahat

Pengurus Masjid Raya Muhammadiyah Lahat membahas persiapan Salat Gerhana Matahari.--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Peristiwa Gerhana Matahari akan terjadi pada Kamis 20 April 2023. Masjid Raya Muhammadiyah LAHAT akan melaksanakan Salat Gerhana bersama-sama dengan petugas khotib Mohammad Qosim SAg dan imam Salat Drs H Zulkiah A Kohar.

"Insya Allah dengan peristiwa gerhana matahari kita akan melaksanakan salat gerhana pukul 10.00 WIB tepat terjadinya gerhana," kata H Ahmad Mutaqin MSi, Ketua Masjid Raya Muhammadiyah Lahat, Rabu (19/4/2023).

Dirinya menerangkan, peristiwa gerhana adalah sunnatullah, fenomena alam, yang terjadi sesuai dengan ketentuan Allah azza wa jalla. Allah mengatur pergerakan alam semesta secara detail dan rapi. 

"Gerhana matahari terjadi ketika bulan mengakhiri satu putaran rutin nya mengelilingi bumi. Ketika gerhana terjadi, posisi bulan berada di tengah-tengah antara matahari dan bumi dalam satu garis lurus," jelasanya.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW mewasiatkan kepada kita pada saat gerhana terjadi untuk memperbanyak zikir, doa, dan istighfar, karena matahari dan bulan adalah dua tanda dari banyak tanda-tanda kekuasaan Allah. 

"Jika kalian melihat gerhana, maka berdoalah kepada Allah, perbanyak takbir, lakukan shalat, dan bersedekahlah, oleh karena itu dirinya mengajak untuk melakasnakan salat gerhana secara bersama-sama," ajaknya. (amir)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: