Peringati Nuzulul Qur'an, Desa Bandar Aji Gelar Berbagai Lomba

Peringati Nuzulul Qur'an, Desa Bandar Aji Gelar Berbagai Lomba

Desa Bandar Aji Kecamatan Jarai memperingati Nuzulul Quran.--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Pertengahan bulan Ramadan tahun 1444 Hijrah kali ini Desa Bandar Aji Kecamatan Jarai memperingati Nuzulul Quran yang dilaksanakan di dua masjid yang berbeda.

Nuzulul Qur'an sendiri merupakan waktu diturunkan Al-Qur'an sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, melalui Malaikat Jibril. 

Nuzulul Quran umumnya diperingati bagi umat muslim setiap tanggal 17 Ramadan.

Kepala Desa Bandar Aji, Raice Antines kepada lahatpos.co Senin 10 April 2023 menuturkan, acara peringatan Nuzulul Qur'an di Desa Bandar Aji diperingati oleh masyarakat dan dilaksanakan di  dua masjid yang berbeda.

Untuk kegiatan Nuzulul Qur'an pada malam 17 acaranya dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Desa Bandar Aji dengan menghadirkan Ustad Muhaimin sebagai penceramah agama.

Ustadz Muhaimin sendiri merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Kutup El Gontor Kota Pagar Alam.

Sedangkan pelaksanaan Nuzulul Qur'an pada malam 18  acaranya dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Desa Bandar Aji dengan menghadirkan Ustad Risdianto M. Hi yang merupakan KUA Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten LAHAT.

Selain itu kegiatan Nuzulul Qur'an juga diisi dengan kegiatan acara remaja dan anak-anak dengan mengadakan lomba adzan, lomba pembacaan ayat ayat pendek, pembacaan Alquran serta lomba  pidato.

Menurut Kepala Desa Bandar Aji Raice Antines, remaja dan anak-anak terutama remaja dan anak anak Desa Bandar Aji diwajibkan bisa membaca Al Qur'an. 

Jangan sampai buta aksara Al Qur'an, karena Alqur'an merupakan kitab suci umat Islam yang wajib bisa dibaca bagi umat Islam.

Sehingga kita berharap utamanya anak anak dan remaja bisa membaca Alquran sehingga dengan anak anak bisa membaca Al-Qur'an, maka kita berharap kedua orang tuanya akan mendapatkan pahala yang luar biasa yaitu akan mendapatkan mahkota yang mana cahaya mahkota tersebut lebih baik dari cahaya matahari di dunia.

Dan sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, "Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan orang yang mengajarkan pada Al-Qur'an"

Sehingga dengan peringatan Nuzulul Qur'an ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: