puasa mui lahat

Kepala Siring Irigasi Lematang 2 Tanjung Payang Kembali Berfungsi

Kepala Siring Irigasi Lematang 2 Tanjung Payang Kembali Berfungsi

Kepala Siring Irigasi Lematang 2 Tanjung Payang kembali berfungsi setelah tersumbat sampah dan kayu akibat banjir bandang di Sungai Lematang.--

LAHAT SELATAN, LAHATPOS.CO – Akhirnya Kepala Siring Irigasi Lematang 2 Tanjung Payang kembali berfungsi. Air Sungai Lematang dapat mengalir ke sawah milik warga empat desa, yakni, Tanjung Payang, Banjar Negara, Tanjung Tebat, dan Nantal Kecamatan LAHAT SELATAN Kabupaten Lahat. Namun air mengalir tidak maksimal, karena dinding irigasi patah di sebelah kanan.

Berfungsinya kembali Kepala Siring Irigasi Lematang 2 Tanjung Payang, setelah warga dari empat desa gotong royong, membersihkan sampah dan ranting kayu di bagian kepala irigasi, Minggu 19 Maret 2023.

Sampah dan ranting kayu ini menutupi bagian kepala irigasi, akibat banjir bandang yang terjadi di Sungai Lematang pada Kamis 9 Maret 2023 lalu.

Kades Banjar Negara Sulpiansyah mengatakan, aliran Sungai Lematang ini mengalir di 2 arah.

Arah pertama ke Bendungan PDAM. Di bendungan ini, ada orang yang bertugas membuka tutup pintu masuk air di bendungan.

Arah kedua ke Tangga Manik. Di sini juga ada yang menjaganya.

Pada banjir bandang kemarin, terjadi luapan air yang besar kearah Tangga Manik.

“Kami berharap petugas yang menjaga pintu air di bendungan maupun di arah kepala siring irigasi Lematang 2, harus aktif memantau perkembangan air,” ujarnya.

Banjir bandang juga telah mematahkan tembok penahan Kepala Siring Irigasi Lematang 2, sehingga mengurangi volume air masuk siring irigasi Lematang 2. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: