Cara Hitung Keuntungan Jualan di Marketplace, Biar Jadi Pedagang Cerdas!

Cara Hitung Keuntungan Jualan di Marketplace, Biar Jadi Pedagang Cerdas!

Ilustrasi menghitung keuntungan di marketplace (Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/eveI7MOcSmw?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink)--

Berbagai aspek kehidupan manusia akan selalu dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan zaman, salah satunya adalah aspek perdagangan. Kegiatan jual beli sangat erat kaitannya dengan keseharian manusia karena tidak ada satu pun orang yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Transaksi jual beli di era digital ini sendiri cukup berbeda dengan transaksi tradisional karena melibatkan platform seperti marketplace. Sebelum Anda memutuskan untuk ikut terjun berjualan lewat platform digital ini, sebaiknya ketahui dulu cara menghitung keuntungannya!

Cara Hitung Keuntungan di Marketplace

Menghitung keuntungan perlu dilakukan agar Anda bisa menjalankan strategi bisnis yang tepat untuk usaha Anda. Adapun cara menghitung keuntungan jika Anda berjualan di marketplace kurang lebih memerlukan tahapan seperti di bawah ini!

1. Mencatat Jumlah Penjualan dalam Satu Periode

Untuk mengetahui kuantitas produk yang terjual dan jumlah transaksi yang terjadi, Anda perlu melakukan pencatatan jumlah pendapatan. Pencatatan data yang dilakukan sendiri pun haruslah dilakukan seakurat dan sedetail mungkin. Anda bisa menghindari kesalahan penghitungan laba maupun rugi dalam tiap periode jika Anda mampu membuat catatan dengan teliti.

2. Mencatat Jumlah Modal yang Dikeluarkan Setiap Periode

Anda perlu mengetahui harga pokok barang dari distributor agar bisa menentukan harga jual produk Anda. Untuk membeli barang-barang dari distributor sendiri, Anda perlu mengeluarkan modal untuk bisnis Anda.

Modal yang Anda keluarkan untuk setiap pembelian produk dalam setiap periode haruslah Anda bukukan dengan teliti. Kebiasaan pembukuan yang baik ini akan membantu Anda untuk menghitung laba kotor yang dihasilkan oleh usaha Anda.

3. Menghitung Laba Kotor

Pada poin sebelumnya, istilah laba kotor yang disebutkan mengacu pada hasil dari jumlah penjualan bersih yang telah dikurangi dengan harga pokok penjualan. Dengan kata lain, Anda harus menghitung selisih antara pendapatan yang diperoleh dengan modal yang Anda keluarkan untuk membeli produk.

Laba kotor harus dihitung untuk mengukur efisiensi dan efektivitas penggunaan modal, teknisi, serta stok bahan baku produk yang akan Anda jual. Harga jual atau markup produk, jumlah, serta harga pokok penjualan sendiri adalah faktor-faktor utama yang akan memengaruhi data laba kotor ini.

4. Mengidentifikasi Semua Biaya yang Dikeluarkan dalam Satu Periode

Ada beberapa rincian biaya produksi yang harus Anda perhatikan dan keluarkan dalam satu periode saat menjalankan suatu bisnis. Pertama adalah biaya tetap yang jumlahnya tidak berubah, tidak peduli ada atau tidaknya produksi yang berlangsung.

Biaya tetap meliputi upah jasa kerja karyawan, asuransi, pajak bumi dan bangunan, hingga tagihan air dan listrik. Setelah biaya tetap ada biaya variabel yang jumlahnya akan mengikuti volume produksi, misalnya biaya bahan baku, pulsa, internet, hingga pengemasan.

5. Menghitung Laba Bersih

Laba bersih adalah hasil yang didapatkan dari perhitungan laba kotor dikurangi dengan biaya lainnya yang disebutkan di poin sebelumnya. Anda bisa mengetahui untung dan rugi dari sebuah usaha setelah melakukan perhitungan ini.

Jika Anda atau usaha Anda mengalami kerugian, tentu, Anda harus menyusun ulang strategi pemasaran yang lebih jitu. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk membangkitkan bisnis Anda adalah dengan meminta umpan balik kepada pelanggan tentang produk atau pelayanan dari bisnis Anda.

Itulah cara menghitung keuntungan yang bisa Anda lakukan jika berjualan melalui marketplace. Tentu, untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan, Anda harus tahu cara jualan online yang benar sekaligus memilih marketplace besar dan terpercaya seperti Blibli.

Berjualan di Blibli membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah saldo Bliklan yang diberikan secara bertahap dengan total hingga Rp5,4 juta. Anda juga bisa mendapatkan fasilitas gratis khusus seller seperti user PIC, foto produk gratis, aktivasi pengiriman Instan dan Sameday, gratis ongkir, dan asuransi pengiriman.

Anda juga bisa menikmati fasilitas seperti training dan e-learning, analisa daya saing produk yang Anda jual dengan merchant lain dan peluang di masa depan, promosi gratis, hingga layanan seller care yang bisa dihubungi via telepon, surel, atau fitur chat setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 10 malam WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: