Seratus Warga Binaan Siap Berikan Suara di Pemilu 2024

Seratus Warga Binaan Siap Berikan Suara di Pemilu 2024

Rakor persiapan penyusunan daftar pemilih di lokasi khusus--

LAHATPOS.CO, Pagar Alam- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagar Alam menggelar rapat kordinasi (rakor) persiapan penyusunan daftar pemilih dilokasi khusus bersama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Pagar Alam.

Ini sebagai upaya menjamin hak pilih setiap warga negara untuk dapat dipilih dan memilih pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilahan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Rakor ini juga melibatkan komisioner KPU Pagar Alam, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagar Alam Utara, serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Beringin Jaya yang merupakan domisili Lapas Klas III Pagar Alam.

Ketua KPU Kota Pagar Alam Rahmat Qori Setiawan mengatakan bahwa kordinasi ini merupakan kordinasi awal, karena nantinya akan berkelanjutan tidak mesti oleh KPU namun bisa juga dengan PPK atau PPS setempat.

“Initinya ini untuk menjamin hak warga binaan untuk memberikan hak suara mereka pada pesta demokrasi baik itu pemilu maupun pilkada 2024 mendatang,” ujarnya, Rabu 1 Maret 2023.

Qori mengatakan, jika kordinasi ini juga bagian dari berkordinasi dalam pembentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus, jika nanti memenuhi syarat dan sesuai regulasi, dimana Lapas bisa mengusulkan pembentukan TPS Khusus ke KPU.

“Tapi dengan ketentuan pemilih dilapas minimal 100 orang, makanya kita masih menunggu data fix jumlah warga binaan di lapas,” ungkapnya.(why)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: