Lima Ton Jagung Siap Panen di Ponpes Abubakar Ash Siddiq Empat Lawang

Lima Ton Jagung Siap Panen di Ponpes Abubakar Ash Siddiq Empat Lawang

Terlihat hamparan jagung di pondok pesantren Abubakar Ash Siddiq, Senin (20/2/2023).--

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO-Ketahanan pangan di Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Bakar Ash Shiddiq di Desa Lampar Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang patut menjadi contoh.

Pengembangan Ekonomi Ponpes Abubakar Ash Shiddiq Ustad Lukman Alhakim, mengatakan lahan ponpes ini lebih kurang 5 hektar, sekitat 2 hektar ditanami ribuan batang jagung. Untuk jarak tanam masing-masing jagung itu 40 cm.

Disini dijelaskan Lukman, ada 2 jenis jagung yang ditanam yakni jagung manis dan jagung pur. Jagung pur sudah 3 bulan dan sekitar 1 bulan lagi siap panen, sementara untuk jagung manis Insyaallah akhir bulan 3 siap panen.

"Jagung kemarin panen bisa mencapai 5 ton. Hasil panen dijual bisa untuk pakan ternak," jelasnya Lukman, Senin (20/2/2023).

Pihaknya lanjut Lukman, sudah menyiapkan mesin perontok jagung, mesin pemecah jagung, karena dirinya menghambat para pembeli. 

"Untuk pemasarannya itu  tergantung pemesanan, ada yang pesan tepung, ada juga yang pesan jagung pipil atau jagung pecah. Semuannya bisa disiapkan, kalau  jula bulat-bulat itu jarang kita karena yang beli dikiti, kecuali tahun baru," ujarnya.

Untuk pemasarannya sendiri ditambahakan Lukman, masih di sekitar wilayah Kabupaten Empat Lawang. Kedepan di ponpes Abubakar Ash Siddiq ini akan dikembangkan untuk pengembangan pembuatan keripik jagung.

"Ya rencana kedepan ada untuk pembuatan keripik jagung," ungkapnya. (01)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: