Pemda Lahat

Ikan Lele Polsek Tebing Tinggi Polres Empat Lawang Mulai Berkembang Biak

Ikan Lele Polsek Tebing Tinggi Polres Empat Lawang Mulai Berkembang Biak

Kapolsek Tebing Tinggi saat mengecek kolam ikan lele dibelakang Mapolsek Tebing Tinggi, Rabu (1/02/2023)--

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO - Ikan lele yang dibudidayakan oleh Polsek Tebing Tinggi, Polres Empat Lawang, saat ini sudah mulai berkembang biak. 

Saat ini usia ikan lele tersebut sudah sekitar 1,5 bulan. Dengan kurannya sekitar 2 sampai 3 jari orang dewasa. Total ada 10 kolam ikan lele sistem bioflok yang dibuat dihalaman belakang Polsek Tebing Tinggi.

Kapolsek Tebing Tinggi AKP Fauzi Saleh, mengatakan, Ikan lele ini mudah dibudidayakan dan perawatannya pun juga mudah. Tidak seperti ikan-ikan jenis lain, namun tetap ada kendala yang dihadapi, salah satunya cuaca, kadar air dan pakannya.

"Halaman belakang Mapolsek Tebing Tinggi kami manfaatkan. Dijadikan kolam ikan lele sistem bioflok, ada 10 kolam ikan lele yang sudah lumayan besar," kata AKP Fauzi Saleh, Rabu (1/2/2023).

Sembari memberi makan ikan lele, Kapolsek mengungkapkan, awalnya halaman belakang Mapolsek Tebing Tinggi ini, penuh dengan semak belukar. Lalu bergotong-royong bersama anggota membersihkannya.

"Niat kami untuk memanfaatkan lahan yang kosong, tidak produktif. Dulu lahan ini tidak terawat, penuh semak, banyak ular, sarang anjing, setelah dibersihkan, kami buat kolam lele," ungkapnya.

Satu kolam bioflok ini dijelaskannya, berisi ikan lele sekitar 300 bibit. Tadinya banyak, tapi karena kondisi cuaca di Empat Lawang ini tidak menentu, kadang panas terik, kadang hujan membuat kadar air kolam tidak stabil. Sehingga banyak benih ikan yang mati.

"Kolamnya juga pakai terpal dan belum ada penetralisir air. Jadi banyak mati. Ikan lele ini juga tidak bisa lapar, kalau lapar, dia makan sesama (kanibal)," jelasnya. 

Selain itu kolam lele juga diisi dengan tanaman enceng gondok untuk pelindung atau peneduh kolam dari teriknya panas matahari.

"Sekarang sudah 1,5 bulan ikan lele ini. 3 bulan sudah bisa panen. Rencana nanti hasil panennya kita bagikan ke masyarakat dan dibagikan ke anggota dan dibudidayakan lagi," ujarnya.

Benih ikan lele dari Polsek Tebing Tinggi dan bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Empat Lawang. Total benih ikan awal sekitar 5000 benih.

Dirinya mengajak, masyarakat Tebing Tinggi, untuk bisa memanfaatkan pekarangan rumah, sekreatif mungkin. Bisa dibuat kolam lele atau dimanfaatkan dengan ditanami sayur mayur untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. (01)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: