Gelar Musdesus BLT DD 2023, ini Jumlah KPM Desa Prabu Menang

Gelar Musdesus BLT DD 2023, ini Jumlah KPM Desa Prabu Menang

Pengarahan Camat Merapi Timur Edeales Pokal SStp MM.--

LAHATPOS.CO, Merapi Timur - Desa Prabu Menang gelar Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) tentang penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai ( BLT DD) tahun 2023. 

Hal ini dalam  rangka menindak lanjuti Intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, melalui Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 1295) dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023, terkait Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT- Desa) di Desa Prabu Menang Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua BPD Desa Prabu Menang Eli Johandi menjelaskan Musdes hari ini untuk Validasi, Finalisasi dan penetapan data KK calon penerima BLT- Desa Prabu Menang untuk tahun 2023.

"Memang beberapa waktu lalu kami sudah musyawarah dengan pihak pemerintah desa namun masih ada beberapa hal yang masih harus kami komunikasi kan lagi baik  dengan pihak kecamatan dan pendamping desa” 


--

BACA JUGA:Ribuan Manusia Sesaki Gedung Kesenian Lahat, Ada Apa Ya???

"Ada beberapa warga yang perlu penjelasan baik dari pemerintah kecamatan dan pendamping desa tentang kriteria yang di maksud pada Peraturan Menteri Keuangan tersebut"

Selanjutnya tambah Johandi, seluruh peserta Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) menyepakati serta memutuskan beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari Musyawarah Desa Khusus ini Forum Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) telah melakukan validasi, finalisasi dan menetapkan data KK penerima BLT Desa yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyakK 22 KK, ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Prabu Menang Nopriadi mengungkapkan, jumlah ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah desa, BPD,dan  juga pihak Kecamatan Merapi Timur serta pendamping desa dan pendamping lokal desa yang juga turut hadir. 

"Kami sepakat mengambil jumlah persentase yang 10 persen dan setelah dikalkulasi berjumlah  22 KPM warga Desa Prabu Menang yang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai untuk tahun 2023," ungkap Nopri.


--

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Jungkir Balik Mengelilingi Tiang Bendera

Nopri mengharapkan agar bantuan ini dapat lebih tepat sasaran.

"Yang kita harapkan dengan bantuan BLT DD ini meski dikit jumlahnya kita inginkan tepat sasaran, dan akan kita umumkan ke masyarakat bahwa hasil ini merupakan kesepakatan bersama. Serta perlu kami jelaskan juga hasil jumlah 22 KPM di Desa Prabu Menang ini merupakan kesepakatan bersama bukan usulan Kades atau BPD atau yang lainnya,”

Sumber: