Empat Lawang Butuh 750 Guru

Empat Lawang Butuh 750 Guru

Kabid GTK : Albaihaki--

 

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO - Dalam waktu dekat, Dinas Pendikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, akan melakukan rapat koordinasi (rakon) bersama Kemendikbud dan Kemenpan RB. 

Rakon tersebut akan membahas penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk formasi guru di Kabupaten Empat Lawang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Jhon Heri, melalui Kabid GTK Albaihaki.

"Untuk penerimaan P3K guru tahun 2023, kita akan rakon dulu dengan kemendikbud dan Kemenpan, setalah itu baru kita tahu mekanismenya gimana, gajinya gimana," kata Albaihaki.

Sebab lanjut Albaihaki, jika gajinya dari pemerintah pusat, maka guru honorer yang ada di empat lawang, yang sesuai dengan prioritas akan diusahakan lulus. 

"Karena kalau dibebankan ke APBD susah kita. Tapi kalau gaji dari pusat kita ajukan seluruh guru honor, tapi yang memenuhi syarat," ujarnya 

Saat ini ditambahkan Albaihaki, kebutuhan guru di empat Lawang lebih kurang 750 guru, sementara jumlah guru honor di empat Lawang lebih kurang 1800 guru.

"Kita tidak boleh lagi mengangkat honor, baik itu dibebankan APBN maupun APBD," tambahnya.

Dia juga menambahkan, untuk tahun ini ada 29 guru yang akan memasuki masa pensiun. Sementara pada tahun 2022 yang lalu ada 24 guru yang pensiun.

"Dan pada tahun lalu ada 10 orang guru yang meninggal dunia. Yang meninggal itu diluar 24 guru yang pensiun tadi," ungkapnya. (01)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: