Fantastis, Ternyata Segini Nilai Aset Bumdes Bersama Kecamatan Merapi Barat

Fantastis, Ternyata Segini Nilai Aset Bumdes Bersama Kecamatan Merapi Barat

Peserta Musyawarah Antar Desa (MAD) pembentukan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), sekaligus transformasi UPK eks PNPM menjadi BUMDES Bersama (BUMDESMA) LKD Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.--

MERAPI BARAT, LAHATPOS.CO - Kecamatan Merapi Barat merupakan satu-satunya kecamatan yang ada kegiatan transformasi dana bantuan masyarakat eks PNPM MPd menjadi BumdesMa (Bumdes Bersama). Beberapa waktu lalu, BumdesMa diwujudkan dalam unit usaha Koperasi Simpan Pinjam Kelompok Perempuan. 

Bahkan aset Dana Bantuan yang ada saat ini sudah mempunyai aset lebih dari Tiga Milyar Rupiah.

Hal ini terungkap saat Kecamatan Merapi barat menggelar Musyawarah Antar Desa, (MAD) dalam rangka pembentukan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan transformasi UPK eks PNPM menjadi BUMDES Bersama LKD Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Kamis 12 Januari 2023.

Musyawarah yang dibuka langsung oleh Camat Merapi Barat Drs Erlambang MM secara resmi membuka musyawarah pembentukan BKAD ini dan transformasi UPK eks PNPM menjadi BUMDES Bersama.

BACA JUGA:Ini Nama nama Pengurus BKAD dan BUMDESMA Kecamatan Merapi Barat

Kadis DPMDes Kabupaten Lahat Darul Efendi SE MSi melalui Kabid Kerjasama Desa Ahmad Firdaus SP MM mengemukakan, pembentukan BKAD ini adalah wadah legal. 

Ada payung hukumnya yang akan bekerjasama dengan pihak ketiga, ataupun boleh dengan pihak lainnya.

Nantinya dalam bekerjasama dengan pihak ketiga, BKAD Kecamatan Merapi Barat bisa mengajak kerjasama dengan pihak ketiga seperti pihak perusahaan yang ada di sekitar desa. 

Bahkan di tempat lain, sudah ada BKAD yang sudah bergerak terkait dana kompensasi debu, itu bisa diajak kerjasama dengan BKAD. 

BACA JUGA:Dinas PMD Lahat : BUMDESMA Program Nasional, Kades Wajib Mendukung

Sehingga dengan terbentuknya BKAD Kecamatan Merapi Barat ini diharapkan tidak ada lagi forum forum yang mengatasnamakan masyarakat.

“Karena sudah terbentuk Lembaga Kerjasama Desa dan Lembaga Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang memang tugasnya seperti itu," ungkap Firdaus. 

Bahkan untuk Kecamatan Merapi Barat, terutama untuk UPK eks PNPM yang saat ini bertransformasi menjadi BUMDES Bersama yang ada saat ini masih tetap eksis. Bahkan sudah mempunyai aset milyaran rupiah, dan itu harus kita beri reward nantinya.

Karena di tempat lain kita sudah tidak tau apakah masih ada apakah tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co