Bujang Gadis Lahat Ke Sungai Lematang Lahat

Bujang Gadis Lahat Ke Sungai Lematang Lahat

PUNGGUT : Bujang Gadis Lahat memunggut tumpukan sampah di Kawasan Sungai Lematang Desa Banjar Negara dan Tanjung Payang-Foto doklahatpos.co-

LAHAT POS.CO-Bujang Gadis Lahat menyisir sungai lematang yang berada di kawasan antara Desa Banjar Negara dan Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan.

 

Bukan untuk berekreasi akan tetapi memungut berbagai tumpukan sampah  yang ada dibelantaran sungai kembanggaan masyarakat Bumi Seganti Setungguan tersebut.

 

"Sungai Lematang menjadi salah satu ikon di Kabupaten Lahat yang perlu dilestarikan. Tidak sedikit aktifitas yang dilakukan di belantaran sungai yang harus nampak indah dan sedap dipandang mata, kita perlu lestarikan dengan menjaganya tetap bersih," kata Umar, salah satu masyarakat penambang pasir yang berada di kawasan tersebut, Sabtu (7/1/2023)

 

Dirinya keherannya ada kelompok anak muda yang membawa kantong plastik berkeliling memungut sampah -sampah.

 

"Bujang gadis alap-alap mungguti sampah pinggir lematang, luar biase peduli dengan lingkungan," ungkapnya.

 

Tidak sedikit tumpukan sampah yang diambil dan dikumpulkan, dirinya berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin pemerintah untuk menjaga sungai lematang bersih dan indah.

 

"Banyak juge yang diambek, lok ini lah, anak anak sekarang tuh bawak kesini, kenalkan sungai lematang bukan dengan keindahan nya, tapi harus bisa menjaga kebersihannya, karena lingkungan bersih nek kite sekarang dan akan datang," ajaknya.

Lahat pernah banjir, jika tidak diperhatikan kebersihan lingkungan akibat sampah dan abrasi daerah aliran sungainya, maka akan terjadi bencana yang akan membawa kerugian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: