Tak Mudah Naik Tingkat Tapak Suci Muhammadiyah Lahat, ini Syaratnya

Tak Mudah Naik Tingkat Tapak Suci Muhammadiyah Lahat, ini Syaratnya

PENDEKAR : Tim Penguji Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Kader Pencak Silat Tapak Suci Pimda 116 Kabupaten Lahat-Foto : Amir/Lahatpos.co-

LAHAT, LAHATPOS.CO - Siswa dan kader Pencak Silat Tapak Suci Pimda 116 Kabupaten LAHAT, menggelar ujian kenaikan tingkat. Sebanyak 47 peserta ikut dalam ujian yang dilaksanakan di Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang, Sabtu (31/12/2022).

Ketua Pimda 116 Tapak Suci Lahat, Mardian Aswim menuturkan, tentunya melalui ujian tingkat ini sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan peserta.

"Ya, ini lah ajang uji kemampuan dari latihan yang dilakukan selama ini, tentunya berharap melalui ujian kenaikan ini dapat meningkatkan kemampuan pencak silat," ungkapnya, Sabtu (31/12/2022).

Sementara Ketua Pelaksana, Sajianto menuturkan sebanyak 47 siswa mengikuti ujian kenaikan tingkat, sebenarnya bukan dari tahapan ujian yang menjadi penilaian akan tetapi uji kemampuan selama ini.

BACA JUGA:Malam Tahun Baru, Lahat Diguyur Hujan

"Ya, jika siswa tersebut menguasai pasti dia akan lulus ketingkat selanjutnya, karena bukan sekedar pandai menguasi jurus-jurus saat latihan, akan tetapi sikap," jelasnya.

Dirinya menerangkan, di Pencak Silat Tapak Suci Muhammadiyah, siswa bukan hanya pandai dan mahir dalam seni beladiri ini, akan tetapi ujian yang terberat adalah siswa mampu mengendalikan dari ilmu yang dimiliki, sehingga dirinya naik tingkat.

"Ujian sebenarnya adalah sikap dan prilaku, karena jika dia mampu menguasai kemampuannya, maka dirinya akan naik tingkat berikutnya (amir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: