Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti Lahat Dimulai

Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti Lahat Dimulai

--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Dalam rangkaian kunjungan kerja (Kunkernya) di Kabupaten LAHAT, Sabtu (17/12), Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan dimulainya Renovasi  Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti yang terletak di Desa Batu Rancing Kecamatan Tanjung Sakti Pumu. 

Dalam sambutannya saat meresmikan dimulainya Renovasi  Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti   tersebut menjadikan Tanjung Sakti akan lebih dikenal masyarakat karena keistimewaannya. Karena daerah itu sebelumnya sempat dijadikan sebagai pusat pemerintahan sementara di Sumsel.

"Tanjung sakti adaah kecamatan yang istimewa di Sumsel, karena jika kita lihat dari sejarah disini Tanjung Sakti  pernah menjadi pengendalian pusat pemerintahan pada saat itu," kata Herman Deru

Lebih jauh  Herman Deru menuturkan sudah seharusnya monumen perjuangan yang ada di Desa Batu Rancing itu  dijadikan sebagai monumen sakral dalam  mengenang para jasa para tokoh  setempat yang telah berupaya menjalankan pemerintahan sementara di daerahnya pada masa zaman penjajahan Belanda.

"Monumen  ini sebagai saksi,  dimana para tokoh  berjuang  kita pernah menjalankan roda pemerintahan disaat  Kota Palembang diduduki Belanda. Karena itu sudah sepantasnya kita lakukan  renovasi sebagai bentuk penghormatan kita pada mereka," imbuhnya. 

Lebih jauh Herman Deru berharap  Tanjung Sakti  menjadi motivasi bagi warga Sumsel dalam melanjutkan perjuangan dalam membangun daerah. Terlebih warga asal  Tanjung Sakti telah banyak menorehkan prestasi dikancah nasional sehingga menjadikan daerah itukian dikenal di luar Sumsel.

"Tidak heran  jika warga Tanjung Sakti banyak yang menduduki posisi penting baik dilevel di daerah maupun  di kancah nasional," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Herman Deru berkesempatan  mensosialisasikan Gerakan Sumsel Mandri Pangan (GSMP) kepada masyarakat  Tanjung Sakti. Bahkan Herman Deru berkeyakinan GSMP akan berjalan dengan sukses dikawasan itu karena kondisi alam  dan tanahnya yang subur.

"Kita harus mandiri, Kita bisa menghasilkan sendiri,  sebab  lihat tanah disini subur ditambah dengan kekayaan alamnya yang luar biasa," ucap Herman Deru.

Gubernur juga menegaskan,  dirinya sengaja melakukan kunjungan Kerja di Tanjung Sakti Kabupaten Lahat guna mendengarkan langsung aspirasi  masyarakat sekitar.

"Meskipun Tanjung Sakti  letaknya jauh, tetap jagan lantas  masyarakatnya merasa  diperhatikan.  Saya sengaja  datang kesini untuk  mengetahui  apa yang dibutukan masyarakat,"  tambahnya.

Dia juga berharap para anggota DPRD  khususnya Dapil Tanjung Sakti bisa menjadi jembatan bagi dirinya kepada Masyarakat.

"Saya minta anggota DPRD Dapil sini, bisa menjadi jembatan bagi saya sengan  masyarakat, sehingga saya nantinya bisa dengan mudah membantu apa yang dibutuhman  masyarakat," pungkasnya.

Sebelum peresmian Renovasi  Monumen Perjuangan Rakyat Tanjung Sakti, Gubernur Herman Deru meninjau SMA Negeri 1 Desa  Batu Rancing Pumu yang sempat mengalamj kerusakan akibat banjir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: