Petugas PKM Tinggi Hari Data Keluarga hingga Kesehatan Cara Door to door

Petugas PKM Tinggi Hari Data Keluarga hingga Kesehatan Cara Door to door

Jajaran PKM Tinggi Hari sedang mendata warga dikediamannya, Senin 19 Desember 2022, -PKM Tinggi Hari---

GUMAY ULU, LAHATPOS.CO - Jajaran Puskesmas Tinggi Hari, Kecamatan GUMAY ULU melakukan pendataan keluarga secara door to door (dari pintu ke pintu, red) hingga permasalahan kesehatan yang dihadapi setiap kepala keluarga (KK).

"Betul, kita langsung terjunkan petugas ke 10 desa, dengan mendatangi masing-masing pemukiman penduduk, guna mendapatkan data yang valid serta konkrit," jelas Kepala Puskesmas Tinggi Hari, Mapi Febtori SKep MM, Senin 19 Desember 2022.

Mapi Febtori menambahkan, sehingga pihaknya mengetahui secara persis anggota keluarga yang didatangi, bahkan ditemui di kebun ataupun di talang.

"Pada tahun sebelumnya sekitar 1.500 KK, nah, di 2022 ini kemungkinan adanya perubahan, bisa saja ada yang pindah, meninggal," sebutnya.

Dia menerangkan, bahkan kesehatan misalnya mengenai apa yang diidap pada keluarga tersebut, misalnya, hipertensi (darah tinggi, red) diabetes melitus (DM), stunting dan vaksinasi covid-19.

"Sehingga dapat petugas data secara lengkap, dan tentunya mendapatkan hasil sebenarnya dilapangan, kemudian dilaporkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes)," urai Mapi Febtori.

Mapi Febtori berharap, kepada masyarakat agar sekiranya memberikan data sebenar-benarnya, sehingga petugas dapat dengan mudah apabila kedepannya disampaikan.

"Agar kepada seluruh warga, jangan ragu-ragu memberikan keterangan, yang ditanyakan oleh petugas supaya hasilnya memang mengarah bagi kepentingan kesehatan bersama," harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lahat, Taufik M Putra SKM MM mengemukakan, pihaknya begitu apresiasi terhadap action (tindakan, red) yang dilaksanakan Puskesmas Tinggi Hari, dalam melakukan pendataan keluarga termasuk permasalahan yang dihadapi.

"Agar sekiranya, kepada puskesmas lain juga dapat mengikuti kegiatan tersebut, agar masyarakat desa yang diambil pendataan benar-benar tepat," jelasnya.

Ia meminta, kepada petugas puskesmas bekerjalah sehingga mendapatkan laporan yang lengkap, dan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari petugas itu sendiri.

"Dengan demikian, kualitas dalam kinerja akan semakin membaik dan ini membantu mereka betugas," pungkas Taufik M Putra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: