Pemda Lahat

Di Lahat, Baru Ada 2 Desa Menerapkan Desa Cantik

Di Lahat, Baru Ada 2 Desa Menerapkan Desa Cantik

Bimbingan Teknis Desa Cinta Statistik atau disingkat dengan Desa Cantik di Hotel Sigma Lahat.-Foto : Amir/lahatpos.co-

LAHAT, LAHATPOS.CO - Mempunyai dua pilot project Desa Cinta Statistik atau disingkat dengan Desa Cantik di Bumi Seganti Setungguan, Badan Pusat Statistik LAHAT melakukan Bimbingan Teknis

Melalui pengelolaan aplikasi profil desa atau kelurahan, dan pengelolaan aset desa dapat mewujudkan desa yang maju dan sejahtera.

Kepala BPS Lahat, Muhammad Dedi SST MSi menyampaikan propram pembinaan Desa Cinta Statistik itu sama se Indonesia yakni, mengharapkan desa mempunyai data yang akurat, upto date dan bisa dipercaya. 

"Di Lahat baru dua desa yang menjadi pilot project yakni Desa Manggul Kecamatan Lahat dan Desa Tanjung Beringin Kecamatan Gumay Talang," katanya, Minggu (27/11/2022).

BACA JUGA:Luar Biasa, Makanan Pedagang Habis Terjual di Acara HUT Partai NasDem

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Lahat, Rudi Darma Setia SE MM menyampaikan perkembangan jaman dan teknologi dan informasi menuntut Pemerintah Desa untuk terus berkembang, berjalan maju, karena banyak faktor yang perlu ditingkatkan oleh Desa, salah satunya adalah kualitas sistem birokrasi di dalamnya.

“Insya Allah melalui data berkualitas setiap desa dapat mewujudkan yang maju, terlebih dalam  arah pembangunan desa akan tepat sasaran, sehingga akan sejalan dengan  program pembangunan daerah maupun pusat,” jelasnya.

Hal sama dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintah Desa Lahat, Darul Effendi melalui Pencanangan Program Desa Cantik, menjadi awal yang baik dan menjadi motivasi bagi desa yang lain, karena data sangat penting untuk meningkatkan pembangunan daerah.

"Sesuai kebijakan baik pemerintah daerah dan pusat, kami mengapresiasi,  dua contoh desa cantik yang sudah terbentuk, dan akan terus mendorong desa lain untuk dapat menjadi inspirasi desa, sehingga desa kita dapat dikenal," ungkapnya.

BACA JUGA:Tanah Longsor Tutupi Akses Jalan Lahat - Semendo

Dalam kesempatan tersebut, Instruktur Daerah BPS Lahat,  Nur Yanuar Usman menjelaskanya melalui bimbingan teknis ini berharap output dari program Desa Cantik ini berupa inovasi data yang akan ditampilkan sampai level desa, desa dalam angka, publikasi digital desa, pojok statistik desa, E-monografi desa, serta desa dalam peta, kemudian dikemas dalam website desa dan diintegrasikan dengan portal satu data.

"Banyak manfaat dalam mewujudkan Desa Cinta Statistik, selain dikenal, program pemerintah baik pusat dan daerah dapat dijadikan acuan, apalagi saat ini perkembangan zaman keterbukaan informasi melalui kemajuan teknologi yang semakin berkembang," jelasnya. (amir)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: