puasa mui lahat

Dinas PMD Lahat Bekerja Sama BPS Melaksanakan Bimtek bagi Calon Agen Desa Cinta Statistik

Dinas PMD Lahat Bekerja Sama BPS Melaksanakan Bimtek bagi Calon Agen Desa Cinta Statistik

Foto bersama peserta Bimtek Calon Agen Desa Cinta Statistik di Meeting Room Hotel Bukit Serelo Lahat, Jumat 25 November 2022.-Foto : dokumen Dinas PMD Lahat-

LAHAT, LAHATPOS.CO - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas PMD bekerja sama dengan BPS Kabupaten Lahat, melaksanakan Bimtek bagi Calon Agen Desa Cinta Statistik di Kabupaten Lahat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Room Hotel Bukit Serelo Lahat, Jumat 25 November 2022.

Laporan Panitia Kepala Dinas PMD Kabupaten Lahat, Darul Efendi SE MSi, diwakili Kabid Kerjasama Desa Ahmad Firdaus SP MM menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta bimtek, tentang gambaran umum, peraturan, petunjuk dan kebijakan tentang Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Untuk membentuk Calon Agen Desa Cantik pada level desa.

BACA JUGA:Dukung Go Green, Percantik Halaman Kantor Kecamatan Merapi Barat

Melalui Bimtek Desa Cantik ini, kita tingkatkan pemahaman tentang Satu Data Desa dari Lahat.

Lebih dari itu, melalui kegiatan bimteks bagi Calon Agen Desa Cantik, diharapkan peserta mampu dan memahami tentang peraturan, potensi dan manfaat, serta menerapkan program Desa Cantik, khususnya di wilayah Desa menuju Lahat Bercahaya.

“Bimtek diikuti 86 peserta. Terdiri dari 3 orang utusan dari masing masing kecamatan. Terdiri dari 1 orang dari kecamatan dan 2 orang dari desa yang mewakili kecamatan, sebagai lokasi sampel pilot survei Desa Cantik,” ujarnya.

Kemudian, peserta TOT Pembina Desa Cantik dari dinas/badan terkait (BPS, DPMD, Bappeda, Kominfo, dan Dukcapil) yang berjumlah 16 orang.

BACA JUGA:2 Pelajar Ditabrak Kereta Api di Dekat Terowongan Gunung Gajah Lahat

Sambutan dari Sekda Lahat Chandra SH MM, diwakili Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Lahat, Drs Sahabadi T MSi mengatakan, pembinaan Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik, merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencaaan pembangunan di desa lebih tepat tujuan, dan sasarannya.

Kegiatan ini merupakan juga bagian dari upaya mencapai quic win BPS, yaitu edukasi data dan mengenalkan BPS, mulai dari level desa.

Dalam bimteks ini, para peserta dapat diskusi dan mempraktekkan ilmu yang diperoleh untuk membina desa, sesuai tujuan dan target. Tentu saja dengan dukungan data yang lengkap dan akurat pada level desa yang akan membantu percepatan pembangunan desa.

Tujuan umum dari program ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan, literasi, dan keterampilan bagi para peserta Bimtek, tentang gambaran umum, peraturan, petunjuk dan kebijakan tentang Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: