Loker Conten Writter

Launching Pelayanan Padu Satu sekaligus Launching SOP Kantor Kelurahan Gunung Gajah Kecamatan Kota Lahat

Launching Pelayanan Padu Satu sekaligus Launching SOP Kantor Kelurahan Gunung Gajah Kecamatan Kota Lahat

Lurah Gunung Gajah, Nur Aprilia (kanan, red) didampingi staf menunjukan ruang pelayanan Padu Satu dan SOP, Senin 21 November 2022, -Novri-Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Untuk pertama kalinya, Kantor Kelurahan Gunung Gajah, Kecamatan Kota Lahat melaunching pelayanan terpadu satu pintu (Padu Satu) sekaligus standar operasional prosedur (SOP) dalam pengurusan administrasi terhadap masyarakat.

"Ini merupakan hasil dari ikut Diklat belum lama ini, dimana, inovasi dan terobosan ini memang sangat baik sekali, makanya langsung melaunching program pelayanan terpadu satu pintu serta SOP," terang Lurah Gunung Gajah, Nur Aprilia SPdi MM, Senin 21 November 2022.

Nur Aprilia menjelaskan, selama ini apabila warga ingin mengurus pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), surat pengantar nikah (NA) dan lain sebagainya langsung masuk ke dalam. Mereka akan dilayani sesuai dengan jadwal jam kantor dari Senin hingga Jumat.

"Kini pola tersebut kita ubah, dimana, sebelum mendapatkan persetujuan dari lurah, terlebih dahulu harus diperiksa kelengkapan persyaratan oleh petugas di ruang pelayanan," ucapnya.

Selanjutnya, masih kata dirinya, barulah kelengkapan persyaratan administrasi yang dimintai, akan diproses ke meja petugas berikutnya.

"Setelah tidak ada yang tertinggal dan semuanya lengkap, barulah terakhir menerima surat rekomendasi dari lurah. Tentunya kita ingin lebih tertib, rapi dan teratur," papar Nur Aprilia.

Nur Aprilia menjelaskan, pastinya program ini akan berjalan dengan jangka pendek, menengah dan panjang. Sehingga pelayanan kepada masyarakat benar-benar prima dan optimal.

"Bisa saja, dari awalnya dilayani di ruang pelayanan kedepannya warga cukup mengisi aplikasi secara online, guna mempermudah proses pengerjaan item-item dimaksud, dan mereka pun tidak perlu menunggu lama," tandasnya.

Sementara itu, Camat Kota Lahat, Gemris Palo SIP MM menuturkan, terobosan yang dilakukan Kelurahan Gunung Gajah ini sangatlah tepat sekali, dimana, pelayanan akan berjalan secara tertib dan rapi untuk pengurusan dokumen administrasi.

"Terpenting, jangan dipersulit apabila semuanya persyaratan lengkap langsung saja diproses, sehingga tidak terjadi antrian atau menunggu terlalu lama," jelasnya.

Ia berharap, inovasi ini tentunya dapat dicontoh oleh kelurahan lainnya, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penduduk.

"Layani sebaik mungkin, supaya mereka dapat memprosesnya ke tingkat yang lebih tinggi lagi, agar dalam pengurusan tidak ada yang tertinggal," tegas Gemris Palo. 

Sumber: