Empat Lawang Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Repkar) Kecamatan dan Desa

Empat Lawang Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Repkar) Kecamatan dan Desa

Sekda Empat Lawang saat memimpin rapat koordinasi pembentukan relawan pemadam kebakaran, Selasa (15/11).-Foto : Sumantri/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Empat Lawang - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, akan segera membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Repkar) hingga ke desa-desa.

Kepala Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang Evi Ferilina Susanti mengatakan, salah satu adanya bantuan dari Kementerian harus ada Repkar.

"Ini nanti yang ditindaklanjuti camat, karena camat selaku koordinatornya sementara kami leading sektornya," kata Evi, Selasa (15/11).

Dirinya berharap, jika sudah terbentuk repkar, dirinya tidak mau nembak diatas kuda.

“Kitakan ada 5 zona. Nah pada struktur di 5 zona itu harus diisi. Nah camat harus tau siapa yang diandalkannya untuk di kecamatannya," harapnya.

Selain itu, lanjutkan Evi, selain harus ada repkar, syarat untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian harus ada dinas secara mandiri.

"Alhamdullillah dinasnya kita sudah mandiri, kita ini nomor 4 dari 17 kabupaten/kota di Sumsel ini, dinasnya secara mandiri. Untuk syarat lainnya repkar ini, kalau sudah memungkinkan akan kita kukuhkan," ungkapnya.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin AP MM, menjelaskan, repkar ini merupakan amanat dari Permendagri. Setiap daerah harus punya repkar secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan.

"Ini untuk membantu petugas damkar, ini dari dan untuk masyarakat. Jadi yang kita libatkan adalah bentuk partisipasi masyakarat," jelasnya.

Selama ini, ditambahkan Fauzan, di Empat Lawang belum ada repkar tersebut, dan ini baru dan akan ditindak lanjuti.

"Hari ini di kabupaten, dan nanti akan diteruskan ketingkat kecamatan dan desa," pungkasnya. (smt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: