Massa ASTABARA dan KUD-Merapi Jaya Padati Halaman Pemda Lahat

Massa ASTABARA dan KUD-Merapi Jaya Padati Halaman Pemda Lahat

Massa Astabara Lahat dan KUD-Merapi Jaya menuju kantor Pemda Lahat.-Foto : Purwanto-

LAHATPOS.CO, Lahat - Massa dari ASTABARA dan KUD-Merapi Jaya memadati halaman Pemda Lahat, Senin 14 November 2022.

Massa datang pukul 09.28 WIB. Titik kumpul di depan Hotel Callista Lahat.

Massa langsung melakukan long march ke halaman Pemda Lahat.

Aksi damai Asosiasi Tambang Rakyat Merapi Area (ASTABARA) Lahat dan KUD-Merapi Jaya ini mengerahkan sebanyak 1500 massa. 

Adapun tuntutan dari ASTABARA Lahat dan KUD-Merapi Jaya sebagai berikut :

1. Pemerintah harus merestui Tambang Rakyat (TR) yang dikelola KUD-Merapi Jaya untuk bermitra/kerja sama dengan pihak perusahaan pemegang IUP di Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat.

2. Cabut pengaduan PT. LPPBJ di Kapolres Lahat terkaitan telah ditahannya anggota KUD-Merapi Jaya dan ASTABARA sebanyak 2 orang, mengacu surat tanggal 10 November 2022, hari Kamis, yang telah disetujui pihak PT. LPPBJ dengan KUD-Merapi Jaya/ASTABARA.

3. Menerapkan peraturan Gubernur No. 74 Tahun 2018 tentang pencabutan peraturan Gubernur No. 23 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pengangkutan Batu Bara melalui Jalan Umum, seluruh batu bara dari IUP Operasi dan IUP Operasi KPP di wilayah Kabupaten Lahat dan Muara Enim supaya mengalihkan semua angkutan yang menggunakan jalan umum ke angkutan kereta api dan jalan khusus.

4. Cabut keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan Nomor : S.Kep. 36/Ssl.2/Dishub/2020 tentang Pengaturan Pengangkutan Batu bara atas nama PT Terra Resources.

5. KUD-Merapi Jaya dan ASTABARA ingin bermitra dengan pemilik IUP tambang batubara yang saling menguntungkan.

6. KUD-Merapi Jaya/ASTABARA ingin jawaban secepatnya dari Bupati Lahat dan pemilik IUP tambang batu bara.

7. KUD-Merapi Jaya dan ASTABARA bersama anggota dan masyarakat Merapi Area akan menduduki pintu keluar tambang batu bara yang menuju jalan Negara, sebelum tuntutan dikabulkan.

Ketua Umum ASTABARA Lahat, Sudarman, didampingi Ketua KUD-Merapi Jaya, Taufik dan Sekretaris, Hasanal mengatakan, ada 2 titik aksi lokasi aksi damai. 

Lokasi aksi pertama di Kantor Bupati Lahat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: