Politeknik Akamigas Palembang Laksanakan Kunjungan ke PT Dizamatra Powerindo di Lahat Sumatera Selatan

Politeknik Akamigas Palembang Laksanakan Kunjungan ke PT Dizamatra Powerindo di Lahat Sumatera Selatan

Puluhan mahasiswa dan civitas akademika Prodi Teknik Pertambangan Politeknik Akamigas Palembang, laksanakan kunjungan dan studi lapangan ke area operasional PT Dizamatra Powerindo, Sabtu (05/11/22).-Foto : dokumen PT Dizamatra Powerindo-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan operasional pertambangan melalui penerapan good mining. Puluhan mahasiswa dan civitas akademika Prodi Teknik Pertambangan Politeknik Akamigas Palembang, laksanakan kunjungan dan studi lapangan ke area operasional PT Dizamatra Powerindo, Sabtu (05/11/22). PT Dizamatra Powerindo berada di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Kepala Prodi Teknik Pertambangan Akamigas, Lina Rianti, S.T.  M.T dalam sambutannya menjelaskan bahwa sangat penting bagi para mahasiswa tambang untuk melaksanakan kunjungan industri ke perusahaan seperti PT. Dizamatra Powerindo guna meningkatkan kemampuan praktikal tambang serta mengetahui aspek-aspek penting dalam industri pertambangan seperti proses produksi, pengelolaan K3LH dan CSR yang harus diperhatikan ketika mengelola perusahaan tambang nantinya.


--

Lebih lanjut, Lina juga mengatakan bahwa kehadiran PT. Dizamatra Powerindo di Sumatera Selatan saat ini sangat membantu para mahasiswa tambang Politeknik Akamigas yang mayoritas putra-putri Sumatera Selatan. 

Karena perusahaan selalu bersedia menerima dan menyambut baik kunjungan industri para mahasiswa yang ingin belajar secara langsung disana.

"Kita semua berharap agar kehadiran industri tambang seperti PT. Dizamatra Powerindo ini mampu memberikan dampak positif untuk masyarakat Sumatera Selatan dan dapat menjadi model bagi industri tambang lain yang beroperasi di Sumatera Selatan," ungkapnya.


--

Sabtu pagi itu, para siswa siswi Politenik Akamigas ini mendapat penjelasan langsung dari KTT dan Koordinator Lapangan (korlap) PT. Dizamatra Powerindo. 

Dalam kunjungan ini, para siswa dijelaskan bagaimana proses pengangkatan batu bara dari tambang, kemudian diolah, hingga akhirnya menjadi sebuah produk berupa batu bara siap pakai. 

Selain itu dijelaskan juga apa dampak pertambangan tersebut terhadap lingkungan dan juga bagaimana cara penanggulangannya.

Pada sesi tanya jawab, para peserta tampak antusias bertanya. Misalnya, seorang peserta, Pengky Tarnando yang bertanya tentang apa kegunaan dari batu baru dan di jual ke mana batu bara tersebut. 

"Batu bara itu gunanya untuk apa dan dijual ke mana saja, apakah sampai diekspor ke luar negeri ?" kata siswa yang bercita-cita jadi Engineering ini.

Usai penjelasan dan sesi tanya jawab, para siswa diajak untuk berkeliling langsung ke area pertambangan batu bara yang ada di area operasional PT. Dizamatra Powerindo.

KTT PT. Dizamatra Powerindo, Bertha Andrian S.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa generasi muda tambang Sumatera Selatan harus benar-benar didukung dari segi pengetahuan akademik dan praktik lapangan, sehingga kedepan banyak lulusan-lulusan teknik pertambangan Politeknik Akamigas dapat mengelola berbagai investasi industri pertambangan di Sumatera Selatan bahkan di seluruh pelosok Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: