puasa mui lahat

Tanam 20 Ribu Bibit Pepaya California, Sukseskan Ketahanan Pangan

Tanam 20 Ribu Bibit Pepaya California, Sukseskan Ketahanan Pangan

Kades Lubuk Mabar, Yeni Fitriana menanam bibit Pepaya California, dilahan seluas 10 Hektar, -Pemdes Lubuk Mabar---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Untuk menyukseskan program ketahanan pangan, jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan, melakukan penanaman perdana 20 ribu bibit pepaya california, diatas lahan seluas 10 Hektar (Ha).

"Betul, buah pepaya california ini sangat mudah perawatan dan penanamannya, dimana, untuk satu batang apabila sekali panen bisa menghasilkan puluhan buah," jelas Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Sabtu 29 Oktober 2022.

Disamping itu, sambung Yeni Fitriana, pangsa pasarnya juga sangat besar sekali, dimana, penanaman ini diserahkan kepada kelompok tani (Koptan) Harapan Baru yang akan mengelolanya.

"Pepaya california ini terkenal sekali dengan warnanya yang cantik serta rasanya manis. Buah tersebut begitu digandrungi sekali oleh siapa saja," paparnya.

Untuk penjualannya sendiri?"Ketika Pepaya California ini panen, pembelinya telah menunggu pertumbuhannya tidak memakan waktu lama, dengan luas lahan 10 Ha ini, akan mampu menghasilkan ratusan ton," papar Yeni Fitriana.

Yeni Fitriana berharap, dengan adanya budidaya Pepaya California ini, akan menambah pendapatan desa maupun keluarga, sehingga bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya, demi kemajuan perkembangan desa.

"Terpenting, dari sini akan membantu program ketahanan pangan, sehingga memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: