Desa Muara Temiang akan GASPOL Cegah Stunting

Desa Muara Temiang akan GASPOL Cegah Stunting

Kadinkes Kabupaten Lahat Taufiq M Putra menghadiri desa lokus Stunting, dalam rangka pilot project gerakan atasi stunting sampai nol (GASPOL) yang dilaksanakan di Desa Muara Temiang Kecamatan Merapi Barat, Selasa 25 Oktober 2022.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Desa Muara Temiang akan GASPOL (Gerakan Atasi Stunting Sampai Nol). Demikian dikatakan Kadinkes Kabupaten Lahat Taufiq M Putra saat kunjunganya ke Desa Muara Temiang pada kunjungan ke desa lokus Stunting, dalam rangka pilot project gerakan atasi stunting sampai nol (GASPOL) yang di laksanakan di Desa Muara Temiang Kecamatan Merapi Barat, Selasa 25 Oktober 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Lahat Taufik M Putra menjelaskan bahwa sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan pencegahannya di wilayah UPT Puskesmas Merapi II. Sasaranya orang tua yang mempunyai Balita Ibu Hamil dan Remaja Putri.

Dalam paparannya, Taufik juga menjelaskan bahwa "stunting dapat diatasi mulai dari pola asuh orang tua saat dari kandungan sampai  berumur tiga tahun" 

Taufik menekankan terutama bagi orang tua, di samping pola gizi  seimbang juga harus diperhatikan. Terutama dalam pemberian makanan terhadap anak mulai dari nasi juga harus diimbangi dengan pemberian protein hewani bisa dari ikan, telor daging, tahu, tempe, serta ditambah buah buahan, ucap Taufik. 

BACA JUGA:Ketahanan Pangan Kecamatan Merapi Barat Sudah Berjalan

Kadinkes juga mengingatkan kepada orang tua, agar sering sering menyempatkan sering sering ke posyandu. Terlebih saat ini berobat sudah gratis, asalkan warga Lahat berobat gratis bukan tidak bayar, tetap bayar namun yang bayar adalah Pemda Lahat"

 "Bagi orang tua juga kreatif dalam memberikan makan kepada anak. Jika tidak mau makan, orang tua harus mempunyai variasi, baik variasi lokasi tempat makan maupun variasi jenis makanan," jelasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: