Monev Dana Desa di Desa Gunung Agung, Camat Merapi Barat Pesankan Ini

Monev Dana Desa di Desa Gunung Agung, Camat Merapi Barat Pesankan Ini

Kegiatan monev Dana Desa di Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Pencapaian penyerapan realisasi penggunaan anggaran Dana Desa di Desa Gunung Agung tahap dua tahun 2022 Kecamatan Merapi Barat, sudah mencapai 60 persen. 


Tim Kecamatan Merapi Barat meninjau pembangunan fisik penggunaan Dana Desa di Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat, Senin 24 Oktober 2022.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

Hal ini merupakan hasil monitoring evaluasi tim Kecamatan Merapi Barat, untuk penggunaan Dana Desa yang dipimpin langsung oleh Camat Merapi Barat Sumarno SE MSi dan jajaran, di Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat, Senin 24 Oktober 2022.

Menurut Camat, monitoring ini sebagai silaturahmi, sekaligus jalankan tugas untuk monitor pelaksanaan fisik dan non fisik pembangunan di desa. “Dan ini wajib, karena tanpa monev, dana desa berikutnya belum bisa dicairkan,” terang Camat.

Dalam hal ini, sambung Camat, sering-sering berkordinasi baik dengan kecamatan ataupun pendamping desa. “Kami monitoring ini merupakan pembinaan jika ada kekurangan dan kekeliruan akan sama sama dibenahi," ucapnya.

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Pimpin Rakor PPDI

Di samping itu, administrasi jangan dilupakan meski fisiknya sudah bagus administrasi juga tetap dirapikan, jangan sampai jadi temuan dikemudian hari.

Camat juga ingatkan agar setiap desa di Kecamatan Merapi Barat bersama-sama ikut tuntaskan stunting, bisa dengan mengajak perusahaan bekerja sama menurunkan stunting. 

Lebih lanjut Camat juga berpesan kepada desa desa agar ikut mensukseskan Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) untuk memperbarui data data yang memang sudah lama dan perlu diperbarui lagi. 

Kepala Desa Gunung Agung Darussalam mengharapkan, terutama untuk monev ini diberikan pembinaan dan masukan terhadap kegiatan desa.

BACA JUGA:30 Siswa Siswi SMPN 1 Unggul Lahat Selatan Ikuti Khataman Wisuda Tahfidzul Qur'an

"Ya, kami pemerintah desa mohon ditunjuk dan dikoreksi jika terdapat kekeliruan, sehingga kedepannya tidak ada kesalahan dan kekeliruan," harapnya.

Sementara itu Kasi Ekobang Anton Akbar SE MM didampingi kepala desa Gunung Agung, Darussalam menjelaskan, dari hasil monitoring tim kecamatan untuk pembangunan fisik di Desa Gunung Agung, yaitu rehab jembatan gantung sepanjang 144 meter dan sudah terealisasi 90 meter.

Sedangkan untuk ketahanan pangan Desa Gunung Agung yaitu, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 118 meter lebar 1,5, dan sudah terealisasi 70 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: