Pemda Lahat

Cegah Stunting, Giri Mulya Bentuk Posyandu Remaja

Cegah Stunting, Giri Mulya Bentuk Posyandu Remaja

Pembentukan posyandu remaja Tunas Mulya di Desa Giri Mulya Kecamatan Lahat, Foto: Vina--

LAHATPOS.CO, Lahat- Desa Giri Mulya Kecamatan Lahat melaksanakan Pembentukan posyandu remaja yang diberi nama Tunas Mulya telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi posyandu remaja, terbentuknya posyandu remaja sebagai akses dalam meningkatkan cakupan layanan kesehatan bagi remaja.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Puskesmas Giri Mulya Zainudin Idris, Bidan Desa, Kelurahan, Kades, Ketua RT/RW Kaprodi Pendidikan Profesi Kebidanan, Program Profesi, dan seluruh remaja Giri Mulya. Minggu (23/2022)

Posyandu remaja merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja. 

Zainudin Idris mengatakan, "Manfaat posyandu bagi remaja supaya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktifitas fisik,pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja. Mempersiapkan remaja untuk memiliki keterampilan Hidup sehat melalui PKHS, serta Aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan derajat kesehatan remaja." Ungkapnya.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Posyandu remaja adalah

 

1. Melibatkan remaja dalam upaya intervensi terkait permasalahan remaja

2. Memantau kesehatan remaja secara berkala

Mengedukasi remaja untuk hidup sehat

3. Menurunkan angka pernikahan dini

4. Membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi Generasi.

"Semua Kelurahan diharapkan dapat  bekerjasama dengan Puskesmas untuk membentuk posyandu remaja di wilayah masing-masing, sehingga tujuan pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan tanpa diskriminasi bisa terwujud, termasuk untuk remaja." Tambahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: