puasa mui lahat

Aspartam, Pemanis Buatan Pengganti Gula Asli

Aspartam, Pemanis Buatan Pengganti Gula Asli

Ilustrasi aspartam pemanis buatan.--

Pemanis buatan seringkali digunakan sebagai pengganti gula asli yang bertujuan untuk memberikan rasa manis pada berbagai produk makanan atau minuman yang dijual bebas di pasaran. Aspartam adalah salah satu jenis pemanis buatan yang umum digunakan dalam produk makanan atau minuman manis tersebut.

Terlepas dari kepopulerannya, penggunaan aspartam ternyata menuai kontroversi lantaran dinilai berbahaya bagi kesehatan. Salah satu dampak negatif pemanis buatan ini adalah bisa menyebabkan berbagai gangguan medis jika dikonsumsi berlebihan.

Apa itu Aspartam?

Aspartam adalah salah satu pemanis buatan yang mengandung asam amino asam aspartat dan fenilalanin. Sebagai pemanis rendah kalori, aspartam memiliki rasa manis 200 lebih kuat dibandingkan dengan gula biasa pada umumnya.

BACA JUGA:Kiprah Santri Diakui Negara

BACA JUGA:Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Meski jauh lebih manis dibandingkan dengan gula pasir, baik aspartam dan gula pasir sama-sama memiliki kandungan kalori sebanyak 4 kalori per gramnya. Berkat rasa manis yang jauh di atas gula pasir membuat kita hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedikit.

Fungsi aspartam

Aspartam berfungsi sebagai pengganti gula asli dalam produk makanan atau minuman yang dijual bebas di pasaran. Produk makanan dan minuman yang mengandung aspartam biasanya terdapat pada jenis minuman kemasan (minuman soda, diet soda, jus, minuman rasa), produk susu (yogurt, susu tanpa lemak), es krim, permen karet, saus, sirup, hingga terdapat pada jenis obat-obatan tertentu.

Aspartam telah digunakan dalam bahan makanan bebas gula dan minuman bersoda rendah kalori selama lebih dari 25 tahun.

Saat mengonsumsi asupan aspartam, proses metabolisme tubuh akan memecahnya menjadi metanol. Proses tersebut juga terjadi pada tubuh Anda ketika mengonsumsi buah, sayur-sayuran, jus, minuman, dan produk fermentasi sehingga proses metabolisme aspartam bukanlah suatu proses yang baru bagi tubuh.

BACA JUGA:6 Anak Gagal Ginjal Akut Misterius, 5 Anak Meninggal di Kepulauan Riau

BACA JUGA:Batubara Tumpah di Jalan Lintas Dekat Kantor Pos Desa Arahan

Apakah aspartam aman untuk dikonsumsi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: