Gulai Ayam Nanas Dikemas dalam Kaleng Ukuran 370 Gram

Gulai Ayam Nanas Dikemas dalam Kaleng Ukuran 370 Gram

Gulai Ayam Nanas yang Dijadikan Souvernir Bagi Tamu Agung, 2 Oktober 2022,-Novri/Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Kabupaten Lahat, Ir H Nazaruddin Effendi MT mengemukakan, bahwa proses pembuatan Pengalengan Gulai Ayam Nanas berukuran 370 gram merupakan masakan/kuliner khas Kabupaten Lahat, kerjasama antara Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbang) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Balitbangda Kabupaten Lahat dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat.

"Pengalengan dilakukan di Laboratorium Inkubator Bisnis dan Teknologi Balitbangda Provinsi Sumsel. Kapasitas laboratorium produk pangan Balitbangda Provinsi Sumsel yang masih terbatas," jelasnya, Ahad 2 Oktober 2022.

Maka, sambung dirinya, untuk mencapai 1.000 kaleng Gulai Ayam Nanas tersebut dilakukan secara bertahap dan telah teruji Higenis dan telah bebas dari Bakteri serta Mikroba lainnya diuji pada 10 Desember 2020 di BPOM Palembang. "Pada 14 Oktober 2021, Hasil Uji Kecukupan Panas di Balitbankda Sumsel, telah dilakukan Uji masa simpan dengan hasil masa simpan selama 319 hari di Laboraturium PT SUCOFINDO (Persero) Cibitung Bekasi Jawa Barat," terang H Nazaruddin.

H Nazaruddin menuturkan, kini yang tinggal penertiban surat dari Balai Pusat Obat dan Makanan (BPOM). Dan pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan UMKM Dusun Laman.

"Apabila BPOM telah terbit, maka gulai ayam nanas segera dipasarkan di dalam Bumi Seganti Setungguan, sembari melihat minat masyarakat terhadap produk tersebut," terangnya.

Ia berharap, apabila sukses maka akan dilanjutkan pemasaran hingga ke luar Lahat bila perlu sampai ke Jakarta Bandung dan sekitarnya.

"Untuk itulah, kita juga telah mengajukan pengusulan alat-alat pengemasan pengalengan, sehingga dapat menekan cost (ongkos, red) produksi," beber H Nazaruddin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: