Conten Writer
GP ANSOR

Pemdes Sukajadi Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Pemdes Sukajadi Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

BUDIDAYA LELE : Kades Sukajadi, Nover Aniti didampingi Kaur Pembangunan, Hariadi melihat budidaya ikan lele kolam terpal, Rabu (21/9/2022), Foto : NOVRI/Lahatpos.co--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Menyukseskan program ketahanan pangan, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Sukajadi, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat mengalakkan budidaya ikan lele dengan media kolam terpal dengan sebaran puluhan ribu bibit yang disortir dan dipilah untuk kemudian dipisahkan ke kolam lain sehingga cepat membesar dan siap dipasarkan.

Demikian disampaikan, Kepala Desa (Kades) Sukajadi, Nover Aniti. Menurut dia, jajarannya memilih budidaya ikan lele ini, selain mudah pemeliharaannya dan peminatnya sangat besar.

"Makanya proses pembudidayaanya pun kita betul-betul selektif dalam memilih ikan-ikan yang telah besar, dan siap dipindahkan ke kolam lainnya," jelasnya, Rabu 21 September 2022.

Disamping itu, sambung dia, pihaknya juga akan apabila budidaya ini berhasil, maka langkah berikutnya menentukan induk pembiakan sehingga nantinya bisa dikembangkan untuk mendapatkan anakan yang banyak lagi.

"Nantinya, ikan yang panen akan dijual diseputaran masyarakat, dengan harga terjangkau, karena merekalah mengkonsumsinya guna mencegah terjadinya stunting," terang Nover Aniti didampingi Kaur Pembangunan, Hariadi.

Berikutnya, masih kata dirinya, Pemdes Sukajadi berencana akan melakukan budidaya ikan lele kolam terpal ini yang dilaksanakan setiap rumah warga desa, agar kedepannya bisa mereka jual untuk menambah pendapatan keluarga.

"Ini merupakan salah satu inovasi guna membantu penduduk, terutama sekali pendapatan tambahan, sehingga kesejahteraan warga pun terjamin kesehatannya dan kualitasnya," pungkas Nover Aniti. 

Sementara itu, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, ketahanan pangan sebesar 20 persen dari dana desa (DD), mayoritas menjalankan budidaya ikan lele, baik di kolam terpal maupun kolam yang digali dari tanah ataupun kolam air.

"Alhamdulillah, desa-desa rata-rata telah melaksanakan ketahanan pangannya, dengan budidaya ikan lele yang mudah pemeliharaannya, dan pangsa pasarnya juga sangat besar," ucapnya.

Dirinya mengemukakan, ini tidak lebih membantu perekonomian desa dan juga masyarakat, yang berinovasi serta berkreasi dalam menambah pemasukan keluarga.

"Untuk itulah, kami terus memberikan dukungan agar program yang dicanangkan pemerintah pusat benar-benar dikerjakan sepenuhnya," tandas Ega Warti. 

Sumber: