Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia pada Usia 67 Tahun

Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia pada Usia 67 Tahun

Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia pada usia 67 tahun (4 Maret 1955 – 18 September 2022).-Foto : dok/lahatpos.co-

“Semoga segala ilmu pengetahuan dan pencerahan yang telah almarhum berikan menjadi amal jariah yang menghantarkannya ke jannatun na'im,”  kata Din.

Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra direncanakan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Namun saat ini proses pemulangan dari Rumah Sakit Serdang, Malaysia, masih diurus pihak KBRI dan keluarga di Malaysia.

Sekretaris Azyumardi Azra, Vemi Nurbaini mengatakan informasi kepulangan jenazah almarhum kemungkinan didapat esok hari.

"Saya sampai saat ini telah saya sampaikan, mohon maaf saya perkenalkan diri dulu. Saya Vemi Sekretaris Bapak almarhum Azyumardi Azra," katanya kepada disway.id, Minggu 18 September 2022.

"Untuk saat ini (almarhum) Bapak belum bisa kembali ke Tanah Air. Masih di rumah sakit bersama Pak Dubes Hermono ya. Sampai saat ini belum ada, sampai malam ini pun belum (ada pemulangan) paling lambat besok," tambahnya.

Dijelaskannya, almarhum rencananya akan dimakamkan di TMP Kalibata.

"Taman Makam Pahlawan Kalibata. Jadi sedang saya siapkan semua berkas Bapak. Karena saya kan mengumpulkan berkas-berkas Bapak ya. Jadi mau disiapkan untuk di Taman Makam Pahlawan, Blok Z," tandasnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan juga turut menyampaikan kabar meninggalnya mantan Rektor Universitas Islam Negeri itu.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Prof. Dr. Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," katanya.

Azyumardi Azra meninggal saat tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.

Almarhum mengalami sesak napas dan gejala batuk di pesawat saat dalam perjalanan menuju Malaysia, sehingga dirawat di RS Serdang.

Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya dalam keterangannya, mengungkapkan, Azyumardi Azra meninggal di RS Kedah, Selangor Malaysia pada Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat.

Keponakan Azyumardi Azra, Armia Putriana memohon doa agar proses pemulangan jenazah ke Tanah Air berjalan lancar. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: