Pemda Lahat

Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dadu Angka (Karpet Edukasi)

Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Dadu Angka (Karpet Edukasi)

Mengenal Angka dengan Bermain Dadu (Karpet Edukasi) di TK Harapan Anak Bangsa Lahat-Foto : dok/lahatpos.co-

Mengenal angka adalah suatu kemampuan kogniktif anak. Dalam pengembangan kognitif ini bertujuan mengembangkan kemampuan dibidang berpikir anak, membantu mengembangkan logika matematika.

Dewey (dalam Montolalu 2008:1.7) “Percaya bahwa anak belajar tentang dirinya sendiri serta dunianya melalui bermain”. 


--

Melalui kegiatan bermain anak dapat berlatih menggunakan kemampuan kognitifnya untuk memecahkan berbagai masalah seperti kegiatan mengukur, isi, mengukur berat, membandingkan, mencari jawaban yang berbeda. 

Dalam bermain anak belajar, artinya anak yang belajar adalah anak yang bermain, dan anak yang bermain adalah anak yang belajar. 

Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berpikir itu meliputi kemampuan yang paling sederhana sampai kepada kemampuan yang kompleks yakni dari kemampuan mengingat sampai sampai dengan kemampuan memecahkan masalah. 

Salah satu kegiatan yang dapat diberikan dalam pembelajaran mengenal angka adalah permainan dadu angka dapat membantu anak mengenal angka dengan bermain sehingga anak tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang diberikan guru.

Adapun media yang digunakan untuk bermain dadu ini adalah media dadu angka yaitu menggunakan bahan kardus bekas, lem, serta pola lingkaran dan kartu angka. 

Dari bahan - bahan tersebut kita dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan diantaranya kognitif, mengenal angka ,anak dapat mengenal pola, bentuk dan warna. 

Meningkatkan motorik kasar anak misalnya saat anak dalam bermain dadu anak meloncat dengan satu, dua kaki, dan melempar. 

Mampu meningkatkan fisik motorik halus anak saat memilih angka yang di dapat anak.  

Meningkatkan kemampuan bahasa anak saat anak menjawab pertanyaan guru berapa jumlah dadu yang didapat. 

Meningkatkan aspek sosial emosionalnya saat berani bermain dan sabar menunggu giliran. Meningkatkan aspek nilai moral dan agamanya seperti bersyukur atas apa yang Tuhan ciptakan dan berikan kepada kita.

Cara bermain dadu sebagai berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: