Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth II meninggal dunia.-Foto : dok/lahatpos.co-

"Raja (Charles) dan Permaisuri (Camilla) akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," kata pengumuman lagi.

Charles memberi penghormatan kepada ibunya. Ia menggambarkan kematiannya sebagai "momen kesedihan terbesar".

"Kami sangat berduka atas meninggalnya penguasa yang disayangi dan ibu yang sangat dicintai," katanya.

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam dan persemakmuran serta oleh banyak orang di seluruh dunia," katanya dalam sebuah pernyataan yang dirilis.

Istana Kensington sendiri menegaskan bahwa Pangeran William dan istrinya Kate akan dikenal sebagai Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge. Ia akan menjadi putra mahkota baru, menggantikan raja baru Inggris nanti.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun. Sang Ratu meninggalkan kekayaan US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun (asumsi kurs: Rp 14.900/dolar AS).

Siapa yang akan mewarisi kekayaan ini?

Melansir Fortune, Jumat (9/9/2022), pewaris utama dari kekayaan ini adalah Pangeran Charles, yang kini sudah resmi menjadi Raja karena naik takhta. Harta kekayaan ini berasal dari aset pribadi Ratu selama 70 tahun memimpin kerajaan.

Ratu Elizabeth II meraup pendapatan dari dana para pembayar pajak yang disebut Sovereign Grant, yang dibayarkan secara tahunan ke keluarga kerajaan. Asal muasalnya adalah dari kesepakatan yang dibuat oleh Raja George III yang menyerahkan pendapatan dari Parlemen untuk menerima pembayaran tahunan tetap untuk dirinya sendiri dan generasi mendatang dari keluarga kerajaan.

Awalnya dikenal sebagai Daftar Sipil, diganti menjadi Sovereign Grant pada tahun 2012.

Jumlah hibah ini ditetapkan menjadi lebih dari 86 juta pound pada tahun 2021 dan 2022. Dana ini dialokasikan untuk perjalanan resmi, pemeliharaan properti, dan biaya operasi atau pemeliharaan rumah tangga Ratu-Istana Buckingham.

Namun, sang Ratu mendapatkan kekayaan bukan hanya dari itu saja. Diketahui sumber pendapatan lain adalah dari bisnis kerajaan.

Sementara itu, dikutip dari New York Post, sebagian uang yang ia dapat adalah warisan. Dia mendapat US$ 85 juta ketika ibunya meninggal dan US$ 12 juta lagi dari suaminya Philip. Sebagian besar pendapatannya juga berasal dari kerajaan, di mana ratu mendapatkan 15% dari keuntungan tanah, yang dulunya milik kerajaan dan bernilai hampir US$ 10 miliar. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: