Masuk STIT YPI Lahat Lewati Persyaratan Ini

Masuk STIT YPI Lahat Lewati Persyaratan Ini

TES : Salah satu calon mahasiswa STIT YPI Lahat, Foto : NOVRI/LAHATPOS.CO--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Bagi calon mahasiswa berasal dari Kabupaten Lahat dan sekitarnya, yang ingin masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yayasan Pendidikan Islam (YPI), tentunya harus memenuhi tiga persyaratan terlebih dahulu.

Demikian disampaikan, Ketua STIT YPI Lahat, Drs Taufik Sakni MPdi. Menurutnya, sejauh ini ada 45 calon mahasiswa yang telah terdaftar pada gelombang pertama ini.

"Mereka sebelum mengikuti perkuliahan, mengikuti tes Qiro'at (Membaca Al-Qur'an), Tajwid dan menulis Al-Qur'an, dalam memetakan calon mahasiswa yang ada," ungkapnya, Kamis (1/9/2022).

Dirinya mengemukakan, ketiga syarat itu memang sudah mutlak setiap tahun dalam penerimaan calon mahasiswa STIT YPI Lahat.

"Tentunya, saya secara pribadi selamat kepada calon mahasiswa, jangan lupa berdoa dan tetap semangat mengikuti ujian tes," tegas Taufik Sakni.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) STIT YPI Lahat, HM Nashir Syakni SAg membenarkan, bagi calon mahasiswa yang akan masuk ke kampus, mereka harus melewati beberapa tes yang wajib diikuti.

"Membaca, tajwid dan menulis Al-Qur'an dengan benar. Hal itulah, sebagai persyaratan yang mesti dilewati calon mahasiswa bagi laki-laki dan perempuan," jelasnya.

Dirinya menambahkan, bertujuan dalam menyeleksi atau pemetaan calon mahasiswa baru, supaya kedepanya pihak kampus dapat membina mereka melalui Majelis Ta'lim Tarbiyah.

"Disinilah kelebihan dari Kampus STIT YPI Lahat, membentuk karakter mahasiswa yang mampu menjalankan Akhlaktul Karimah, sekaligus menciptakan Sarjana Pendidikan Agama Islam Profesional dan berkualitas," beber Nashir Syakni.

Senada, Kasubbag Kemahasiswaan, Mardiansah menyampaikan, bahwasanya STIT YPI lahat mash menerima mahasiswa baru untuk gelombang ke II, mereka akan mengikuti tes akan diadakan pertengahan September.

"Jangan ragu-ragu, karena kampus kita sudah Terakreditasi B untuk prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: