Pemda Lahat

Sumsel akan Berangkatkan Peserta Magang ke Jepang

Sumsel akan Berangkatkan Peserta Magang ke Jepang

Peserta magang ke Jepang dari Pemprov Sumsel.-Foto : Humas Pemprov Sumsel-

PALEMBANG, LAHATPOS.CO - Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, mengharapkan 283 para calon peserta magang ke Jepang taHun 2022 asal Sumsel, dapat bersaing secara sehat. Pada seleksi daerah dan seleksi nasional yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia  dan Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan).

"Para peserta seleksi harus jaga sikap disiplin dan fokus. Karena seleksi ini juga diikuti para peserta bukan hanya dari Sumsel, tetapi juga secara nasional,"  harap Mawardi Yahya  saat membuka secara resmi jalannya Seleksi Nasional Pemagangan ke Jepang yang dilaksanakan  di Gor Dempo Jakabaring Sport City  (HSC) Palembang, Senin (29/8).

Menurut Wagub  program pemagangan yang dilaksanakan  merupakan salah satu cara Pemprov Sumsel dalam mencetak tenaga kerja terampil yang nantinya akan berimbas pada  berkurangnya  pengangguran di Sumsel.

"Atas nama Pemprov Sumsel  tentu kami sangat berterimakasih karena  telah memberikan kesempatan pada calon peserta magang asal Sumsel. Semoga nantinya mereka bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan membuat usaha sendiri setelah selesai magang nantinya," imbuh  Wagub.

BACA JUGA:Tim Polda Sumsel Ukur Tanah PT KAI, Sengketa Tanah dengan Warga Tanjung Telang Merapi Barat

Menurutnya, program magang menjadi  peluang emas bagi para calon tenaga kerja muda di Sumsel.

"Manfaatkan kesempatan emas ini, bagi mereka yang lulus nantinya pada tahapan akhir bisa beradaptasi dengan kondisi negara tujuan  dan setelah kembali  dapat membangun daerah," pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPP Ikatan Pengusaha Keshusei Indonesia (IKAPEKSI), Edi Waryono menuturkan para peserta calon magang di Jepang tahun 2022 akan mengikuti seleksi Daerah di Palembang dan Nasional di Bekasi masing-masing 2 bulan lamanya.  

Sedangkan IKAPEKSI tegas dia, sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan seleksi daerah selama di Palembang.

BACA JUGA:Kepala Desa se Merapi Area Kompak Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 61

"Peserta  akan mengikuti beberapa seleksi diantaranya  tingkat daerah dan nasional dengan bermacam test, mulai tari tes akademik, tes fisik, tes psikologi, tes wawancara dan akan mengikuti les bahasa Jepang sebelum berangkat pun mereka telah mendapatkan ilmu dan pengalaman," kata Edi.

Di tempat yang sama  Wakil Direktur Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan), Pujita Singgoh menyebutkan program Magang ke Jepang telah lama dilaksanakan Kemenaker  dan IM Japan sejak 1993 dan menghasilkan alumni sebanyak 5000 yang tersebar di Indonesia.

"Program ini telah dua puluh sembilan tahun  berlangsung yang telah menghasilkan alumni yang telah sukses dengan usahanya masing-masing total  5 ribu  alumni yang berasal dari Indonesia," kata Pujita.

Dia menuturkan para peserta yang lulus akan diberangkatkan pada tahun 2023 dan siap akan mengikuti  kegiatan magang selama 5 tahu di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: