Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H / 2022 M (3)

Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H / 2022 M (3)

LAHATPOS.CO, Makkah - Aktifitas hari Sabtu 2 Juli 2022, diawali shalat shubuh berjamaah dilanjutkan dengan pemantapan manasik di Masjid Asrama Haji Embarkasi PLM.

Pukul 10.00 WIB semua jemaah kloter 8 sudah berada diruang aula asrama haji untuk dilaksanakan upacara pelepasan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel, menuju Bandara Sultan Mahmud Badarudin II. 

“Alhamdulillah saat pemeriksaan barang bagasi pesawat melalui mesin X-Rey tidak ada masalah,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs Rusidi Dja’far MM, disampaikan Karom 8 PLM, HM Gandil Syakni.

Tepat pukul 15.40 WIB, Pesawat Saudi Arabian yang membawa 450 orang jemaah haji kloter 8 PLM take up menuju Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah dengan ekspresi wajah harap-harap cemas.

BACA JUGA:Lomba dan Pameran Burung Dibuka

Sejak mulai bergerak masing-masing jemaah berdo'a dengan suara yang lirih penuh pasrah lillahi ta'ala bismillahi majreha wamursaha innarobbi laghofurur rohim, dilanjutkan dengan lantunan talbiyah labbaik Allahumma labbaik labbaika la syarika laka labbaik innal hamda wanni'mata laka wal mulk lasyarikalak.

Setelah pergerakan pesawat normal diantara jemaah ada yang ketoilet dan juga lebih banyak yang duduk tenang dengan membaca do'a-do'a, bertasbih, tahlil, tahmid dan takbir serta istighfar.

Dalam perjalanan ini mendapat makan dua kali dan juga snack ringan dua kali serta ada suguhan minum sesuai keinginan; kopi, teh, susu dan jus.

Setelah sembilan jam akhirnya pesawat mendarat dengan sempurna di Bandara King Abdul Aziz Jeddah tepat pukul 00.40 WIB / 20.40 WAS.

BACA JUGA:Temukan Hotspot, Babinsa Berjibaku Padamkan Api

Airmata bahagia kembali menetes didekat tangga pesawat saat semua jemaah sujud syukur sembari berdo'a.

"Ya Rob, aku bersyukur Engkau taqdirkan selamat dalam penerbangan ini, Ya Rob, aku minta padaMu semua yang aku lihat, yang aku rasakan, aku pijak, aku makan, aku minum dan aku pakai ditanah harom ini ya Rob akan menjadi nikmat dan nutrisi bagi pisik dan psikisku untuk menopang kemampuanku menunaikan rukun, wajib dan sunnah haji”

Kemudian secara tertib jemaah bergerak menuju terminal kedatangan imigrasi untuk proses pemeriksaan paspor masing-masing diarahkan oleh petugas imigrasi. (bersambung..)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: