Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H / 2022 M (2)

Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H / 2022 M (2)

LAHATPOS.CO, Lahat – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Dja’far MM, melaui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Ujang Jamhari M Pd I, mempersiapkan segala administrasi jemaah yang akan diberangkatkan, berkoordinasi dengan Pemda dan Dinas Kesehatan, menjadualkan Bimbingan Manasik Haji, vaksin ke 3 (booster) dan PCR.

Selanjutnya, Kakankemenag rapat dengan Panitia Penyelenggara Ibadaha Haji (PPIH) Daerah yaitu: Pemda (Kesra), Dinkes + Puskesmas, Dishub, Polres (Patwal), Pol PP.

Rapat itu menyimpulkan bahwa pemberangkatan oleh Pemda Kabupaten Lahat pada :

Hari / tanggal     :  Jum'at / 1 Juli 2022

Waktu                  :  Pukul 07.00 WIB

Tempat                :  Halaman Gedung Kesenian Lahat.

BACA JUGA:Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H / 2022 M (1)

“Alhamdulillah, setelah semua jemaah duduk di dalam bus, Bapak Wakil Bupati Lahat H Haryanto  yang diikuti oleh Bapak Kakankemenag, dan Kepala Kantor atau Dinas lainnya, memberikan ucapan selamat satu persatu sambil bersalaman dari mobil yang kesatu sampai ke mobil yang ketiga, dengan penuh rasa haru dan syahdu,” ujarnya.

Setelah bendera start dikibarkan Bapak Wakil Bupati di bus satu, dipimpin oleh H M Gandil mengucapkan do'a "bismillahi majreha wamursaha inna robbi laghofurur rohim", diteruskan dengan kalimat talbiyah : Labbaika Allahumma Labbaiik, Labbaika lasyarikalaka labbaiik, ...

Ekspresi keluarga yang mengantar dengan yang diantar sama.  Menyiratkan do'a terbaik agar yang berangkat dan juga yang mengantar tetap dalam naungan Ridho Allah SWT.

“Alhamdulillah perjalanan lancar dan istirahat di Rumah Makan Pagi Sore Indralaya Ogan Ilir, untuk makan siang yang peruntukan sudah dipesan oleh panitia (kemenag) daerah,” terangnya.

BACA JUGA:300 Cyclist Siap Taklukkan Mandiri Sulut KOM Challenge 2022

Selesai makan siang, perjalanan bus berlanjut menuju Asrama Haji Embarkasi Palembang, dan sampai tepat pukul 13.00 WIB. Jemaah dibimbing menuju Masjid Baitul Maghfiroh untuk shalat berjamaah, dan dilanjutkan dengan prosesi penerimaan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi.

Di sini semua jemaah diperiksa lagi kesehatan oleh tim medis, satu persatu dipanggil untuk menerima: gelang haji, uang lifing cost, kartu tanda tempat/gedung dan kamar di Asrama Haji Palembang. 

Setelah selesai shalat isya', semua jemaah beristirahat tidur untuk persiapan beraktivitas keesokan harinya. (bersambung…)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: