Karom 8 Pantau Kegiatan Harian Jemaah Haji Kabupaten Lahat

Karom 8 Pantau Kegiatan Harian Jemaah Haji Kabupaten Lahat

LAHATPOS.CO, Makkah - Karom 8 PLM pantau kegiatan harian jemaah haji Kabupaten Lahat. Hal ini penting, supaya waktu selama berada di tanah suci bisa dimanfaatkan secara baik.

Kepala Kantor Kemenag Lahat, Drs H Rusyidi Dja'far MM, melalui Karom 8 PLM, HM Gandil mengabarkan, alhamdulillah usai mengerjakan rukun, wajib dan sunnah haji, diteruskan dengan umroh sunnat dengan mengambil miqot di tan'im, ji'ronah dan juga hudaibiyah.

Secara tertib semua jemaah bisa mengatur waktu ke Masjidil Harom; ada yang pergi pagi-pagi pukul 02.30 WAS untuk i'tikaf, shubuh berjamaah dan kembali kehotel setelah shalat sunnat dhuha. 

Ada yang ke Masjidil Harom mendekati waktu maghrib dan kembali ke hotel setelah shalat isya' berjamaah. 

Ada juga yang shalat berjamaah di musala hotel dan masjid yang terdekat dengan hotel.  

"Mereka diminta untuk melapor kemana tujuan perginya melalui pesan di WA," ujarnya, kepada media ini, Selasa (19/07/2022), pukul 21.30 WIB.

Lanjut Gandil, disela-sela kesibukan ibadah, ada juga jemaah menyaksikan berbagai macam perniagaan disekitar hotel, semua kebutuhan tersedia; makanan, minuman, perhiasan, pakaian.

"Ada yang menarik perhatian dari mereka (penjual) yang menawarkan barang dagangannya. Bila ia menawarkan kepada ibu - ibu /bapak - bapak jemaah dari Indonesia, dia sebut harga barang yang ditawarkannya dengan cara Arab 25 SAR (riyal) Jokowi 100 ribu (Jokowi maksudnya mata uang rupiah)," terangnya.

Ada juga beberapa jemaah yang memanfaatkan waktunya dengan cara bersilaturahim (dijemput) kepada keluarganya yang mukim di kota ini.

Mereka bercengkrama melepas rindu, setelah terpisah oleh jarak dan waktu saling bercerita tentang kondisi masing-masing dan mencatat silsilah mereka. 

Alhamdulillah semua jemaah haji Kabupaten Lahat sehat wal afiat. (dian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: