100 Orang Jemaah Lahat Menggali I'tibar dari Ritual Melontar Jumroh

100 Orang Jemaah Lahat Menggali I'tibar dari Ritual Melontar Jumroh

LAHATPOS.CO, Makkah - 100 orang jemaah haji Kabupaten Lahat menggali i'tibar (pelajaran, red) dari ritual melontar jumroh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Dja’far MM, disampaikan Ketua Rombongan (Karom) 8, H M Gandi, mengajak jemaah agar dapat mengambil i'tibar dari ritual ini.

Ada tiga sosok insan mulia yang patut diteladani yaitu, sosok seorang ayah yang tegas dalam bertindak, sosok seorang istri yang patuh kepada suaminya cinta kasih kepada anaknya, dan sosok seorang anak yang hormat dan patuh kepada orang tuanya.

“Mereka itu adalah Nabi Ibrahim as, Siti Hajar dan Isma'il as,” ujar Gandil, pada kegiatan bimbingan manasik (bimsik) kepada jemaah haji Kabupaten Lahat, kemarin.

Saat ini negara dan bangsa kita, bahkan Kabupaten Lahat sangat mendambakan hadirnya pribadi-pribadi yang berperan sebagai tiga sosok insan mulia itu.


Pelaksanaan melontor jumroh oleh jemaah haji Kabupaten Lahat.--

BACA JUGA:100 Orang Jemaah Haji Lahat Ikuti Bimbingan Manasik di Tenda Mina

Nabi Ibrahim as yaitu selaku orang tua mampu bertindak dengan tepat dan tegas mengatasi semua persoalan.

Siti Hajar sebagai seorang istri mampu memotivasi suami dalam berjuang mengatasi semua godaan. Selaku seorang ibu, ia mampu mengarahkan putranya agar tumbuh dan berkembang menjadi anak penyejuk mata orang memandang, dan menjadi panutan bagi orang-orang beriman.


Foto bersama jemaah haji perempuan dari Kabupaten Lahat.--

Isma'il as, sebagai anak yang hormat dan patuh kepada orang tua menjadi pelengkap perjuangan melawan godaan hawa nafsu syaithan.

“Jika kita kembali ke kampung halaman dengan berupaya menerapkan pola kehidupan keluarga Nabi Ibrahim as, maka masing-masing kita menjadi agen perubahan sosial mewujudkan pribadi yang shaleh sosial. Ini merupakan sumbangsih yang cukup bermanfaat bagi Kabupaten Lahat yang mengusung slogan Lahat berCahaya,” ungkapnya.

Bimsik ini diakhiri dengan do'a bersama semoga salalu dalam naunganNya. Aamiin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: