Setelah Disuntik Vaksin PMK, Sapi di Tanjung Sakti Tiba tiba Lumpuh

Setelah Disuntik Vaksin PMK, Sapi di Tanjung Sakti Tiba tiba Lumpuh

LAHATPOS.CO, Tanjung Sakti Pumi - Belum genap 1x24 jam setelah dilakukan suntik vaksin PMK pada Rabu (6/7) kemarin. Sapi di Desa Penandingan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, dilaporkan mengalami kelumpuhan secara tiba-tiba, bahkan dua sapi ada yang mati.

Kapolsek Tanjung Sakti Pumi AKP Nurhanas membenarkan adanya sapi ternak yang lumpuh hingga mati setelah dilakukan suntik vaksin.

"Iya benar, ada hewan sapi yang mengalami kelumpuhan hingga mati setelah disuntik vaksin. Sapi tersebut milik saudara Yabuk di Desa Penandingan. Sebelum disuntik sapi tersebut memang sudah kurus, tapi keadaannya sehat-sehat saja," ujarnya, Minggu (10/7).

Hal senada dikatakan Kades Penandingan Leo Andika, dirinya menjelaskan bahwa ada lima sapi yang setelah dilakukan vaksinasi PMK mengalami kelumpuhan.

BACA JUGA:Desa Banjarsari Sembelih 49 Hewan Kurban

"Dari lima sapi yang mengalami kelumpuhan, ada dua sapi yang mati. Itu dikarenakan tidak memungkinkan lagi untuk hidup jadi dua ekor sali tersebut langsung dipotong oleh peternaknya," jelasnya.

Sapi yang disuntik vaksin di Desa Penandingan, tambah Leo sebanyak 18 ekor. Dari 18 ekor yang disuntik ada lima sapi yang mengalami kelumpuhan, dan rata-rata sapi yang baru berusia lima bulan. Pada hari, Kamis (7/7) satu ekor sapi mati dan satu ekornya lagi pada hari Sabtu, (9/7).

"Tiga ekor sapi sudah sembuh dan dua ekor sapi harus dipotong, karena keadaannya sudah tidak memungkinkan. Setelah dipotong daging tersebut dibagikan oleh peternak. Untuk ganti rugi dari dinas terkait mereka masih berunding kepada peternak," pungkasnya. (Why)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: