5 Cara Cerdas Mengelola Barbershop & Salon di Era Digital

5 Cara Cerdas Mengelola Barbershop & Salon di Era Digital

5 Cara Cerdas Mengelola Barbershop & Salon di Era Digital.-foto: lahatpos.co-

4. Jaga Kualitas Layanan agar Pelanggan Setia

Kualitas layanan yang konsisten menjadi faktor utama agar pelanggan merasa puas dan kembali lagi. Mulai dari sambutan saat pelanggan datang, kebersihan alat, hingga hasil akhir layanan, semua harus diperhatikan dengan baik. Pastikan juga untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan secara rutin agar Anda bisa terus melakukan perbaikan dalam layanan.

Selain itu, buat standar operasional yang jelas untuk seluruh karyawan agar pelayanan yang diberikan selalu konsisten. Dengan kualitas layanan yang terjaga, pelanggan tidak hanya akan kembali, tetapi juga berpotensi merekomendasikan salon Anda kepada orang lain.

5. Manfaatkan Teknologi untuk Mempermudah Operasional

Di era digital, teknologi dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi operasional salon atau barbershop. Gunakan aplikasi booking online agar pelanggan bisa memesan layanan dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan salon Anda, membangun hubungan dengan pelanggan, serta menarik lebih banyak audiens.

Sistem kasir digital juga bisa mempermudah proses transaksi dan mengelola laporan keuangan dengan lebih rapi. Dengan teknologi yang tepat, Anda bisa menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Penggunaan aplikasi yang tepat dalam mengoptimalkan manajemen sangat penting agar proses lebih cepat.

Optimalkan Manajemen dengan Aplikasi yang Tepat

Memasuki era digital, pengelolaan usaha, termasuk salon dan barbershop tidak cukup sampai ke pemberian layanan yang baik atau sekedar mengetahui tren gaya rambut terbaru. Lebih dari itu, Anda sebagai pemilik usaha perlu mengubah operasional usaha jadi lebih jelas dan efisien, serta bisa dipantau dengan mudah. Untuk itu, peran teknologi seperti aplikasi kasir khusus salon dan babershop dari FolioPOS bisa jadi solusinya.

FolioPOS dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan manajemen. Berikut ini beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh usaha barbershop Anda:

  • Pengaturan Sistem Komisi Pegawai

Fitur ini akan membantu Anda secara mudah membagi komisi pegawai berdasarkan beberapa poin, seperti level atau jenjang pengalaman. Contoh, pegawai senior bisa mendapatkan persentasi komisi yang lebih besar, sehingga penghargaan bisa diberikan secara transparan, adil dan sesuai kontribusi masing-masing pegawai.

Menariknya lagi, FolioPOS juga bisa membagi komisi secara rata jika satu layanan dikerjakan oleh dua karyawan sekaligus. Contoh, dalam bundling jasa 1, karyawan A mengerjakan bagian creambath dan karyawan B mengerjakan bagian manicure. Jika total komisi sebesar Rp50.000, FolioPOS akan secara otomatis membagi komisi kepada karyawan A dan B secara rata.

  • Pembuatan Paket atau Bundling Jasa

FolioPOS bisa membantu Untuk meningkatkan experience pelanggan, Anda bisa menggunakan aplikasi FolioPOS untuk membuat bundling atau paket. Contoh, paket “Gunting Rambut + Creambath + hair coloring” bisa ditawarkan dengan harga khusus, dan lebih terjangkau jika dibayar secara terpisah. Setiap karyawan yang mengerjakan layanan tersebut bisa dicatat di FolioPOS untuk pembagian komisi yang tepat.

  • Fitur Reservasi

FolioPOS akan membantu Anda untuk memudahkan catatan dan pengaturan jadwal kedatangan pelanggan dengan lebih rapi dan terjadwal, termasuk jika ada reservasi secara online.

  • Pengaturan Harga dan Diskon

FolioPOS akan membantu Anda untuk membuat harga dan diskon secara fleksibel, alias bisa disesuaikan berdasarkan dengan jenis layanan, waktu tertentu, hingga promo khusus yang sedang berjalan.

  • Sistem Pembayaran yang Beragam

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: