Lahatpos.co, Lahat - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2025 PLN UP3 Lahat telah menyiapkan SPKLU bagi pelanggan yang memiliki kendaraan listrik. Manager UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi memastikan SPKLU di 5 kabupaten dan 1 kota seperti Lahat, Muara Enim, OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan Kota Pagar Alam bisa di operasikan dan memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik bagi para pemudik saat Nataru.
“Sebelumnya, SPKLU di Lahat masih terbatas, hanya terdapat di Muara Enim saja. Sekarang, setiap unit layanan PLN ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik. Kami ingin pemudik yang menggunakan kendaraan listrik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” kata Aang.
Dalam rilisnya, PLN UP3 Lahat mulai mempersiapkan siaga Nataru 2025 yang akan dimulai tanggal 18 Desember 2024 sampai 8 Januari 2025 mendatang. PLN Lahat menyiagakan sebanyak 378 personil di 7 posko yang tersebar di 5 kabupaten dan 1 kota yakni Lahat, Muara Enim, OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Kota Pagar Alam. Selain itu PLN juga menyiagakan sebanyak 1 tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) yang siap dikerahkan saat diperlukan.
Menurut Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi, pembangunan SPKLU dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan melakukan pengisian daya kendaraan listrik. Selain itu penyediaan fasilitas ini merupakan komitmen PLN untuk terus mendukung pemerintah dalam upaya transisi energi melalui pembangunan infrastrukur pendukung ekosistem kendaraan listrik.
“Kami akan terus berupaya mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dengan menyediakan infrastrukturnya, sehingga pemilik kendaraan listrik saat mudik Natal dan tahun baru tidak perlu khawatir untuk melintas di Kabupaten Lahat karena telah kami siapkan,” ujar Aang.
SPKLU yang dibangun PLN UP3 Lahat ini merupakan teknologi pengisian mobil listrik yang menggunakan arus searah (DC). Teknologi ini memiliki tegangan cukup tinggi, sekitar 400-500 volt dan mampu mengisi baterai sampai 80 persen selama sekitar 30-60 menit.
”Pengguna kendaraan listrik bisa mengecek keberadaan SPKLU dengan mudah lewat PLN Mobile, tak hanya itu berbagai pelayanan PLN lengkap semuanya ada di sana termasuk jika berminat mengajukan pemasangan home charging untuk pengisian daya EV di rumah,” ujarnya.
Dari sisi layanan pelanggan selama Siaga Nataru, PLN memastikan pelayanan pelanggan tetap berjalan normal selama 24 Jam. Segala fitur kebutuhan dan keluhan pelanggan terkait kelistrikan bisa masyarakat akses melalui PLN Mobile.
“Kami mengucapkan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta saat Nataru. Kami mengingatkan agar pemudik tetap berhati-hati dalam perjalanan. Seluruh Insan PLN akan terus bersiaga hingga berakhirnya masa siaga Nataru 2025," pungkas Aang.*