Keren, Cawabup Lahat Budiarto Marsul Jadi Khotib Sholat Jumat, Urai 5 Cara Jadikan Anak Sholeh dan Sholeha

Jumat 27-09-2024,14:31 WIB
Reporter : Dian
Editor : Dian

Lahatpos.co – Keren, Cawabup Lahat Budiarto Marsul jadi Khotib Sholat Jumat, urai 5 Cara Jadikan Anak Sholeh dan Sholeha. Bertempat di Masjid Al-Mutaqin Kelurahan Sari Bunga Mas Kecamatan Lahat yang dihadiri hampir ratusan jamaah, Calon Wakil Bupati (Cawabup) Lahat Dr H Budiarto Marsul SE MSi (BM) terlihat menjadi Khutbah. Jumat (27/9/2024).

Saat khutbah sholat jumatan, menerangkan bahwa siapapun kita sebagai orang tua pasti menginginkan anak yang menjadi yang Sholeh dan Sholeha dan cerdas serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Ditambahkannya, meskipun banyak berkorban untuk anak, namun kita selalu berjuangan kelak menjadikan anak yang terbaik lebih dari orang tuanya saat ini.

"Orang tua rela mencari rezeki untuk anak, bahkan mengalah menikmati rezeki tersebut, semuanya untuk anak," jelas BM.

Akan tetapi kadang terlupakan oleh orang tua bahwa anak harus dibekali dengan ilmu agama yang kuat dengan cara mendidik anak hingga menjadi Sholeh dan Sholeha.

Caranya pertama, membimbing dan mempercayakan lembaga pendidikan yang baik dan kuat tentang ajaran agama Islam.

"Orang tua harus benar-benar teliti untuk memilih lembaga pendidikan tersebut guna menjadi akhlak yang baik," ujar BM.

Dilanjutkannya, cara kedua dengan harus memperhatikan pergaulan dan jangan terlena serta kurang kontrol terhadap anak. Maka jangan salahkan anak jika nantinya anak berbuat yang tidak baik.

Cara ketiga, mencari rezekilah yang halal untuk diberikan kepada anak sebagai kewajiban orang tua, sesuai sabda Allah SWT yakni berdosa jika mengabaikan tanggung jawab terhadap keluarga dan

Firman Allah SWT makanlah yang halal dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan sebagai musuhmu.

Serta cara keempat, yakni jadilah orang tua yang teladan dan menjadi contoh untuk anak. Dan jika orang tua salah jangan malu untuk mengaku salah terhadap serta jangan membohongi anak.

Selalu berdoa kepada Allah SWT selalu dikarunia anak yang Sholeh dan Sholeha dan selalu nasehati selalu melaksanakan sholat lima waktu kepada anak.

"Terakhir cara kelima yakni uraian keempat cara diatas menjadi harapan anak yang selalu didambakan agar benar-benar mampu membuat bangga untuk ortunya baik di dunia dan diakherat kelak," tutup BM seraya membacakan doa terbaik untuk jamaah.

Terlihat usai sholat jumatan berjamaah, BM menyerahkan bantuan berupa uang kepada pengurus Masjid Al-Mutaqin Kelurahan Sari Bunga Mas Kecamatan Lahat.* 

Kategori :