Hal ini dilakukan guna menghindari kecelakaan kerja serta hal-hal yang tidak di inginkan.
“Pekerjaan ini dilakukan dalam keadaan bertegangan alias tanpa padam sehingga warga sekitarpun dapat tetap menikmati aliran listrik di kala petugas melakukan pekerjaan nya, terlebih lagi lokasi pekerjaan ini berada di kawasan vital seperti Rumah Sakit Santa Theresia dan Markas Brimob. Kami memastikan para petugas menerapkan SOP dan aturan K3 guna menjamin keselamatan dalam bekerja” kata Ediwan.
Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Seltan, Jambi, dan Bengkulu, menambahkan tim PDKB merupakan pasukan elit milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat dapat tetap menikmati listriknya.
“Pasukan PDKB Sentuh Langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, contohnya untuk PDKB Tegangan Menengah melakukan pekerjaan sentuh langsung pada jaringan 70.000 Volt. Mereka adalah pasukan elit terlatih yang memiliki sertifikasi, seperti sertifikasi internal PLN, Sertifikasi internasional dari Omaka New Zealand dan Terex Ritz Brazil, sertifikasi Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) Kementerian ESDM terkait bidang dan level kompetensinya” pungkas Adhi.*
Berita Baca Juga:
PLN ULP Baturaja lakukan pemeliharaan konstruksi tingkatkan keandalan pasokan Listrik.
PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Baturaja melaksanakan kegiatan pemangkasan dan penebangan pohon (Right of Way/ROW) di dekat jaringan listrik PLN serta pemeliharaan konstruksi.
Langkah ini diambil untuk menjaga keandalan dan mengantisipasi gangguan pada pasokan listrik, terutama menjelang hari Raya Idul Adha 1445 H.
Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Peninjauan dan Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada hari Selasa, 11 Juni 2024. Manager ULP Baturaja, Fahmi Romadhona, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.
"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, terutama menjelang hari raya," ujar Fahmi Romadhona.
Program ini menargetkan penebangan dan pemangkasan pohon sepanjang 32 kilometer sirkuit serta pemeliharaan konstruksi di 13 titik. Manager PT PLN (Persero) UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi, menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari komitmen PLN untuk menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah tersebut.
"Kami berupaya memastikan bahwa jaringan listrik PLN tetap andal dan tidak mengalami gangguan yang disebabkan oleh tumbuhnya pohon di dekat jaringan," kata Teguh Aang Harmadi.
Dengan adanya kegiatan ini, PLN berharap dapat meminimalkan potensi gangguan pada jaringan listrik, sehingga pelanggan dapat menikmati pasokan listrik yang stabil dan andal.
Selain itu, pemeliharaan konstruksi yang dilakukan di 13 titik diharapkan dapat meningkatkan performa jaringan listrik PLN secara keseluruhan.
Secara terpisah Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi, menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program berkelanjutan PLN untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik diseluruh wilayah operasionalnya.
"Kami terus melakukan evaluasi dan perbaikan untuk memastikan bahwa layanan kami selalu memenuhi harapan pelanggan," katanya.