Pengantin Baru Jangan Lewat Jembatan sini, ini Mitos jembatan Jirak Gunungkidul

Sabtu 09-09-2023,15:07 WIB
Editor : NOVRI

Lahatpos.co - Mitos dan Fakta, setiap daerah di seluruh dunia biasanya mempunyai mitos atau kepercayaan atas sesuatu yang tidak boleh dilanggar atau dilakukan. 

Mitos sendiri merupakan kepercayaan yang ditinggalkan oleh orang terdahulu yang sering dikaitkan dengan hal hal mistis. 

Yang menarik untuk dibahas adalah, hingga saat ini Mitos tersebut masih di percaya bahkan beberapa orang ada yang sampai menginani hal tersebut. 

Berbekal sebuah kejadian yang sering dikaitkan dengan hal hal mistis akhirnya mitos tersebut terus menyebar dan mengakar hingga saat ini. 

Seperti salah satu mitos yang akan kita bahas kali ini, yakni mengenai jembatan seram yang berlokasi di Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY,yang menyumpan menyimpan cerita turun-temurun hingga hari ini. 

Jembatan tersebut dinamai Jembatan Jitak Gunung Kidul, Aroma mistis yang sering dikaitkan di jembatan ini mengenai mitos pengantin baru yang dilarang melintas. 

Dilansir dari beberapa sumber bahwa dari cerita para pendahulunya, dahulu ada kerajaan jin bernama Alas Kali Jirak. Kerajaan itu dipimpin seorang ratu bernama Sekar Cendani.

Sedangkan versi lain, dahulu ada pasangan pengantin yang mau menyeberang di Kali Jirak menggunakan sesek. Pasangan tersebut mampir dulu di kali untuk mand dan ketika dicari pasangan pengantin baru itu sudah tidak ada alias hilang. 

Yang anehnya masyarakat pada kala itu mala menemukan batu yang berjejer

Sehingga hal tersebutlah yang sering dikaitkan dengan mitos pengantin baru dilarang melintas. 

Ketika tim menggali lebih dalam lagi, ternyata menurut cerita jika pengantin baru memaksa lewat tanpa memberikan sesajen maka tidak akan mendapatkan keturunan. 

Kategori :