1. Produk yang Dikirim Rawan Rusak
Pertama, produk yang dikirim rawan rusak.
Apabila penjual tidak mengemas produk dengan baik dan proses pengiriman berjalan tidak hati-hati, produk belanjaan bisa rawan rusak.
Mulai dari kemasan yang rusak, produk yang hancur, dan lain sebagainya.
Ini perlu dipertimbangkan kembali oleh Anda jenis barang seperti apa yang memiliki kemungkinan rawan rusak lebih besar.
Biasanya, barang yang berpotensi rusak lebih besar saat pengiriman ialah barang pecah belah atau barang elektronik.
2. Produk Tidak Sesuai dengan Deskripsi
Saat berbelanja online terkadang produk yang diterima bisa jadi tidak sesuai dengan deskripsi produk di tampilan toko online.
Untuk mencegah masalah ini terjadi, sebaiknya saat sebelum membeli, Anda melihat terlebih dahulu review produk.
Review produk bisa dilihat dari kolom komentar atau ulasan pembeli sebelumnya yang telah membeli barang tersebut.
Ini bisa menjadi referensi dan masukan tersendiri untuk Anda sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.
3. Bisa Meningkatkan Gaya Hidup Konsumtif
Anda bisa berpotensi meningkatkan gaya hidup konsumtif apabila tidak bisa bijak dalam berbelanja.
Belanja online memang memberikan Anda kemudahan karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Pastikan Anda bijak dalam berbelanja, membeli sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya selalu mengecek produk yang akan dibeli.
Hal ini perlu dilakukan agar nantinya Anda tidak kecewa dengan barang yang telah dibeli dan terhindar dari penipuan.