Kain Tenun Bukit Jempol dari Desa Banjarsari Kabupaten Lahat Dinilai Tim UP2K PKK Provinsi Sumsel

Jumat 14-10-2022,15:59 WIB
Reporter : Purwanto
Editor : Dian

LAHATPOS.CO, Merapi Timur - Tim Penilai Lomba UP2K dari PKK Provinsi Sumsel, melakukan kunjungan ke Desa Banjarsari Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. Dalam rangka penilaian lomba UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022, Jumat 14 Oktober 2022.

Tim Penilai Provinsi Sumatera Selatan dipimpin Dede Daswilah, meninjau lokasi pembuatan Kain Tenun motif Bukit Jempol yang merupakan produk lokal dari Desa Banjarsari Kecamatan Merapi Timur.

Dede menjelaskan, dalam kunjungan ini, bukan hanya menilai dari hasilnya saja, namun dalam prosesnya juga tetap dinilai.


--

Karena menurut Dede, biasanya orang akan terfokus melihat hasilnya, tanpa melihat lagi prosesnya seperti apa, sehingga yang kami lihat adalah proses dan hasilnya.

BACA JUGA:Gempa Terasa di Merapi Area, Dikira Ledakan Blasting Tambang Batubara

Dede berharap, semoga kenyataan yang ada  di lapangan, akan sama dengan yang ditampilkan atau diterangkan di profil pembuatan Kain Tenun motif Bukit Jempol.

Bahkan, yang selama ini hanya menonjolkan hasil, tanpa memperhatikan administrasi, sehingga dalam penilaian ini antara hasil dan administrasi akan berimbang. Sehingga tidak hanya menang lomba, namun juga UP2K desa dapat lebih berkembang dengan baik.


--

Kepala Desa Banjarsari Aldiansah, didampingi Ketua PKK Desa Banjarsari Susevi Yuliani, mengharapkan, semoga dengan adanya lomba UP2K mewakili Kabupaten Lahat, Desa Banjarsari dapat lebih baik lagi, dan yang jelas Desa Banjarsari dapat menjuarai Lomba UP2K tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Aldi juga berharap Kain Tenun motif Bukit Jempol yang merupakan ciri khas Kabupaten Lahat ini dapat dipatenkan nantinya.

BACA JUGA:Agenda Kegiatan Pemkab Lahat Hari ini

"Ya ciri khas Kain Tenun motif Bukit Jempol ini akan kita patenkan nanti, karena merupakan ciri khas dari Desa Banjarsari," kata Aldi. 

Karena menurutnya, akan lebih baik lagi nantinya jika dari hasil kain tenun ini, dapat dibuat berbagai macam bentuk produk. Mulai dari kain tenun, baju, sovenir, dan lain lain sehingga dapat menambah nilai jual kain tenun.

Kategori :

Terpopuler