Irigasi Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Puso

Irigasi Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Puso

Tampak warga desa sedang memperhatikan jebolnya irigasi akibta bencana alam, -IST for Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Jebolnya irigasi pertanian Sungai Manna 1, di lereng bukit Desa Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Jumat malam 11 November 2022, sekitar pukul 03.00 wib, dikarenakan tingginya intensitas curah hujan, sehingga mengakibatkan ratusan hektar (Ha) lahan sawah padi, milik petani di Tiga Desa antara lain, Gunung Kembang, Gunung Agung dan Masak Bulau terancam gagal panen (Puso).

"Saluran irigasi air yang mendistribusikannya ke tiga desa jebol akibat bencana alam," ungkap Pirman warga setempat, Senin 14 November 2022.

Pirman menambahkan, dengan menggunakan alat sederhana, sementara patahan bangunan irigasi ini diperbaiki meski air yang tersalurkan ke area persawahan belum memadai.

"Masih belum maksimal, memang untuk patahan bangunan irigasi tersebut telah diperbaiki, akan tetapi, nasib ratusan hektar padi yang telah ditanam bagaimana," tanya dia.

SEmentara itu, Ketua Pengamat Irigasi Daerah Satu Manna, Piandot membenarkan, bahwasanya kejadian jebolnya saluran irigasi murni akibat bencana alam.

"Bencana saluran irigasi air manna berlokasi di Desa Sindang Panjang ini, akibat di guyur hujan Jumat malam, dan ini kita perbaiki untuk sementara waktu," bebernya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: