Pemda Lahat

Muscab IV Partai Demokrat Sukses, Ini Harapan Cik Ujang Kepada Calon Ketua Terpilih

Muscab IV Partai Demokrat Sukses, Ini Harapan Cik Ujang Kepada Calon Ketua Terpilih

LAHATPOS.CO, Lahat – Musyawarah Cabang (Muscab) IV Serentak Tahap 2 Partai Demokrat Kabupaten/Kota di Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (16/7/2022) telah selesai dilaksanakan. Dengan hasil adalah, Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang Yudha Pratomo ST MSc PhD, Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pagar Alam, H Syahrul Effendi SH, alias H Kalok, dan dua nama calon Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ogan Ilir yakni, Hendria Pratama dan Sonedi Ariansyah.

Nama nama calon Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten/Kota terpilih ini. Selanjutnya akan disampaikan kepada DPP Partai Demokrat, untuk dilakukan fit and proper test (uji kelayakan) dari DPP Partai Demokrat.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan, Cik Ujang SH berpesan, siapapun calon yang ditetapkan DPP Partai Demokrat nantinya, diharapkan dapat merangkul calon yang belum ditetapkan.

“Mari kita saling mendukung, saling memberi pemikiran atau gagasan. Saya berharap pengurus lama tetap dipertahankan untuk membesarkan nama Partai Demokrat di kabupaten/kota yang saudara pimpin nantinya,” pesannya.

BACA JUGA:H Kalok, Mantan Sekretaris Cik Ujang Pimpin DPC Partai Demokrat Pagar Alam

Cik Ujang berharap, struktur kepengurusan ditingkat DPC dapat mencontoh struktur kepengurusan DPD yang tetap merangkul kepengurusan lama. “Tujuan kita sama, untuk membesarkan Partai Demokrat Sumsel. Upaya mengembalikan kejayaan Partai Demokrat pada Pemilu 2024 mendatang, maka dari sini kuatkan satu kesatuan kita. Dari tingkat ranting sampai DPC kabupaten/kota se Sumsel,” ujarnya.

Bupati Lahat ini optimis, kader yang menjadi Ketua DPC Partai Demokrat di wilayahnya, mampu merangkul dan dapat menjaga kekompakkan ditubuh Partai Demokrat. “Kekuatan itu ibaratkan Sapu Lidi. Jika satu lidi akan mudah patah. Tapi jika lidinya banyak akan sulit dipatahkan. Begitu juga ditubuh Partai Demokrat, jika semua kompak dan bersatu, maka akan melahirkan kekuatan yang besar, sehingga kejayaan Partai Demokrat pada Pemilu 2024 nanti, akan terwujud,” tegasnya.

Selain itu, Cik Ujang juga mengajak, semua anggota Partai Demokrat, menyiapkan tenaga dan pikiran, maju bersama untuk mendukung dan mewujudkan Ketua Umum Partai Demokrat, Mayor Inf H Agus Harimurti Yudhoyono MSc MPA MA, atau AHY menjadi Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Yudha Gabungkan Anak Muda dan Senior di Kepengurusan

Sementara, Yudha Pratomo mengatakan, Muscab Tahap 1 Partai Demokrat Kota Palembang, dirinya tidak mencalonkan. Namun yang mencalonkan tahap 1 tidak cukup syarat, sehingga muscab Kota Palembang belum bisa dilaksanakan pada tahap 1.

BACA JUGA:Putra Almarhum H Mahyudin, Yudha Pratomo Terpilih Jadi Ketua DPC Partai Demokrat Palembang

Pada muscab tahap 1 tidak ada tahapan yang dilalui, sehingga masih memberikan kesempatan bagi para kader untuk mendaftar. “Saya akhirnya mengikuti proses pendaftaran itu, dan alhamdulillah terpilih secara aklamasi," ujarnya.

Yudha menuturkan, struktur pengurusan sudah dibentuk formatur. Tim formatur ada 9 orang bekerja dan akan menerima masukan dari semua pihak. Baik pengurus lama maupun kader yang baru, yang jadi motor penggerak roda partai.

"Era sekarang, lebih banyak anak muda. Walaupun kita tidak munafik senior kita tetap dirangkul. Jadi struktur kepengurusan kedepan mix (gabung), pengurus yang lama dan yang baru. Usia senior dan yang masih muda, nanti kami akan berkolaborasi untuk meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat Kota Palembang," katanya.

"Apalagi dalam survei secara nasional, Partai Demokrat sudah tembus 2 digit. Ini perlu difollow up di provinsi serta kabupaten dan kota," tambah Yudha.

BACA JUGA:Desa Banjarsari Bangun Lapangan Bulutangkis

Dalam waktu dekat, sambung Yudha, pihaknya akan menyiapkan untuk verifikasi parpol, karena memerlukan struktur kepengurusan. Apalagi ini jadwalnya sangat mepet. Setelah ini, tim formatur akan mengurus kepengurusan, namun ada fit dan proper test terlebih dahulu.

"Tim formatur akan mengajukan struktur kepengurusan. Kemudian baru di SK kan dan dilaporkan ke aplikasi Sipol," bebernya.

Yudha Lirik Kursi Walikota Palembang

Lanjut Yudha, sebagai ketua DPC, tentu ia ada agenda politik yang akan dilakukan. Mungkin akan mencalonkan sebagai Walikota Palembang. Tapi itu ada mekanismenya karena ada kader senior dan Ketum DPP Partai Demokrat akan melihat siapa yang  popularitas, yang paling baik, karena kita mau menang sehingga dipilih kader yang terbaik.

"Saya pernah menjadi calon Wagub suaranya cukup banyak di Palembang, dan itu akan saya pertahankaan. Dalam muscab ini, saya sudah meminta izin kepada Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mengabdi di kampung halaman saya," kayanya.

BACA JUGA:Dari Dzikir Bersama, Penyembelihan Hewan Dam, hingga Umroh Ambil Miqot di Tan’im

Di tempat yang sama, Sekretaris Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Kenggotaan  (BPOKK) DPP Partai Demokrat Rocky Amu menyampaikan terima kasih kepada DPC Partai Demokrat Sumsel, telah sukses menggelar muscab tahap 2 untuk Kota Palembang, Ogan Ilir, dan Kota Pagar Alam.

"Sudah terpilih calon tunggal Ketua DPC Pagaralam yakni Syahrul Effendi. Nama tersebut masih akan dibawa untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu fit dan proper test dihadapan tim 5, sesuai dengan peraturan organisasi terbaru yang ada di Partai Demokrat," katanya.

"Dulu, nama ketua ditetapkan di persidangan muscab. Tapi sekarang, kami menetapkan Calon Ketua Muscab Partai Demokrat Pagar Alam, hanya menghasilkan satu nama Syahrul Efendi, jadi beliau satu-satunya calon," bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala BPOKK Partai Demokrat Sumsel  Redhi Setiadi SH MH mengatakan, di Sumsel ada 17 kabupaten kota. Namun yang mengikuti muscab tahap 1, ada 14 kabupaten kota, sehingga pada tahap kedua ini menyelesaikan 3 kabupaten kota yang belum terlaksana yakni Palembang, Pagar Alam dan Ogan Ilir.

BACA JUGA:Sambut Siswa Baru, SMKN 1 Lahat Laksanakan MPLS

"Alhamdulillah, kita sudah selesai melaksanakan muscab, dan menghasilkan rekomendasi calon ketua DPC. Untuk penetapan ada di DPP, sehingga hasil muscab merekomendasikan calon ketua DPC," bebernya.

"Kami merekomendasikan satu nama calon untuk Ketua DPC Partai Demokrat Palembang yakni Yudha Pratomo,  untuk Pagaralam H Syahrul Effendi, dan untuk Ogan Ilir ada dua nama yakni Hendria Pratama dan Sonedi Ariansyah. Kami menunggu jadwal pelaksanaan fit and proper test dari DPP Partai Demokrat,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: