Pemda Lahat

Kades Arahan Punya Program ‘Cete’

Kades Arahan Punya Program ‘Cete’

LAHAT, LAHATPOS.CO – ‘Cete”, kepanjangan dari Cerdas, Tertib, dan Efektif. Merupakan program dari Kades Arahan Kecamatan Merapi Timur. Program ini disampaikan saat Musrenbang Desa.

Desa Arahan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) penetapan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa Arahan tahun 2022-2027, di kantor Desa Arahan, Kamis (30/06/2022).

Kepala Desa Arahan, Isharudin melalui Kasi Pemerintahan Ali Hoiri menyampaikan, visi misi Kepala Desa Arahan  dalam Musrenbang Desa Arahan tahun 2022-2027, adalah Program  "Cete" (Cerdas Tertib Efektif). 

Diantaranya, program yang sudah dan sedang berjalan adalah rehab kantor desa, mengurangi pengangguran, perhatian terhadap lingkungan termasuk masalah sampah. “Sekarang sudah ada bank sampah Desa Arahan,” ujarnya. 

BACA JUGA:Tiga Kali Tembakan Peringatan, Pelaku Penusuk Kades Sukaraya Lama Melawan Petugas

Kemudian, meningkatkan keterampilan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kain tenun. Memperhatikan kesejahteraan masyarakat di bidang agama, seni dan budaya. 

Memperhatikan  kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi, termasuk untuk tenaga kerja yang melalui satu pintu. 

Penguatan pendapatan asli desa melalui Bumdes, penguatan lingkungan hidup dengan mengatasi banjir terutama di wilayah dalam dusun Arahan. 

Membangun sarana olahraga, untuk pertanian dan sudah berjalan diantaranya pengadaan bibit, pupuk dan akses jalan, menyalurkan  bantuan program CSR perusahaan melalui pemerintah desa. 

BACA JUGA:Penemuan Mayat Membusuk dan Tinggal Tulang

“Memperluas lahan penguburan umum, membebaskan pembayaran pajak bumi dan bangunan bagi warga kurang mampu,” terang Ali.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Arahan Isharudin menambahkan, dari beberapa misi pemerintah desa yang sudah dan sedang berjalan, untuk penyerapan tenaga kerja di Desa Arahan. “Alhamdulillah sudah terealisasi 70-80 persen. Semua ini berkat kerjasama antara kepala desa dan Bumdes,” ungkapnya.

“Kami akan berikan kewenangan khusus untuk Bumdes untuk cari penghasilan. Kami dorong Bumdes untuk kerjasama dengan perusahaan. Kita dukung sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” ujarnya. 

“Harapan kami juga kepada masyarakat agar dapat mendukung program pemerintah desa. Tanpa dukungan dari masyarakat tentu tidak akan berjalan,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: